Beranda Pemerintahan Ajak Ulama Tangani Covid-19, Pemkab Serang Susun Draf Khotbah Salat Jumat

Ajak Ulama Tangani Covid-19, Pemkab Serang Susun Draf Khotbah Salat Jumat

Rapat Koordinasi Ulama Umaro Kabupaten Serang Untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Rapat Brigjen Syam'un, Kamis (29/7/2021) - (Foto Nindia/BantenNews.co.id)

KAB. SERANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengajak para ulama, kesepuhan dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama dalam menangani Covid-19.

Langkah yang digunakan adalah dengan membuat draft khotbah salat Jumat. Nantinya draf khotbah salat Jumat itu akan bertemakan kesehatan dan penanganan Covid-19.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kabupaten Serang, Febrianto mengatakan draft khotbah salat Jumat dengan tema kesehatan itu akan dikaji terlebih dahulu oleh beberapa elemen.

“Yang pertama pasti MUI, yang kedua Kementerian Agama, yang ketiga Pemkab Serang karena kita yang menjembatani pembuatan teks ini,” ujarnya usai Rapat Koordinasi bersama Para Ulama dan Umaro Kabupaten Serang di Ruang Rapat Brigjen Syam’un, Kamis (29/7/2021).

Ia menjelaskan pembuatan draft khotbah salat Jumat dengan materi penanganan Covid-19 adalah bagian upaya edukasi pada masyarakat tentang pentingnya bagaimana menangani Covid-19.

“Konteks dari materi itu tadi menerangkan masalah kesehatan. Intinya yang penting sosialisasi kepada publik mengenai penanganan dan melawan Covid-19 ini nyampai di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Jamiatul Ihwan, KH Ahmad Hudori Yusuf yang turut serta hadir dalam rapat koordinasi tersebut merespons baik terkait pembuatan draft khotbah salat Jumat.

“Artinya bukan hanya Pemda Kabupaten Serang, Pemerintah Pusat juga sudah memberikan arahan yang sama untuk menerapkan prokes (Protokol Kesehatan) untuk memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Namun, untuk penerapannya harus melihat zona wilayah tersebut seperti apa.

“Dalam penerapannya harus melihat juga zona wilayahnya seperti apa. Bisa disampaikan saat pengajian virtual juga, kita menunggu draftnya,” ungkapnya.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini