Beranda Pemerintahan Airin Targetkan Anjungan Dukcapil Mandiri Ada di Setiap Kecamatan

Airin Targetkan Anjungan Dukcapil Mandiri Ada di Setiap Kecamatan

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). (Foto: Ihya/Bantennews.co.id)

 

Tangsel – Demi mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan di setiap Kecamatan terdapat Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Walikota Tangsel Airin Rachmy Diany mengatakan, saat ini sudah ada 4 mesin anjungan yang tersebar di beberapa titik mal di Tangsel. Diantaranya ada di Living World Alam Sutera, mal Teras Kota, Plaza Bintaro, dan terakhir Pamulang Square.

“Ini bagian dari program pemerintah, walaupun dalam kondisi covid, pelayanan publik harus berjalan. Salah satunya dengan memecah masyarakat yang hendak mengurus adminduk tidak hanya di kantor Dukcapil aja, tapi di mal juga bisa, sehingga tidak ada kerumunan, jadi orang bisa ada beberapa alternatif,” ujar Airin usai meresmikan ADM di Pamulang Square, Senin (14/9/2020).

Menurut Airin, tidak ada biaya sedikit pun dalam mengurus dokumen kependudukan itu, baik KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Pekawinan dan Perceraian, semuanya gratis.

“Nanti kita uji coba. Kalau responnya bagus ya tidak tertutup kemungkinan akan kita tambah. Karena mall buka sampai jam 9 pagi sampai 9 malam. Tinggal sekarang kesiapan petugas kita apakah mau sama, atau mengikuti jadwal dari ASN,” terangnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan menjelaskan, mesin ADM tersebut mulai dibeli pada tahun 2019. Namun untuk yang di Plaza Bintaro dan Pamulang Square hasil hadiah dari Kementriam Dalam Negeri.

“Saat ini ada sekitar 19 ribu masyarakat Tangsel yang belum merekam KTP. Jumlah itu termasuk lansia. Mungkin dulu mereka tidak sempat membimbing KTP. Makannya untuk mempermudah mereka, kita punya inovasi membikin pelayanannya tidak hanya di kantor Dukcapil tapi juga di mal-mal,” paparnya.

Menurut Dedi, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran agar masyarakat yang sudah berumur 17 tahun atau lansia yang belum mempunyai KTP, segera membikin.

“Pembukaan ADM di mal ini adalah sinergi pemerintah dengan swasta dalam mempermudah proses pengurisan dokumen kependudukan bagi masyarakat,” ungkapnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ