Beranda Politik Airin Rachmi Diany Kembalikan Berkas Pencalonan Gubernur Banten ke DPW PPP

Airin Rachmi Diany Kembalikan Berkas Pencalonan Gubernur Banten ke DPW PPP

Airin Rachmi DIany mengembalikan formulir penjaringan di DPW PPP.

SERANG – Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Banten, Airin Rachmi Diany, resmi mengembalikan berkas penjaringan di Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Banten, Rabu (22/5/2024).

Dalam pernyataannya, Airin menegaskan pentingnya memahami akar masalah pengangguran di Banten sebelum merancang solusi yang tepat.

“Kita harus melihat dulu persoalannya, kenapa terjadi pengangguran. Namun, secara tren sudah menurun dan harapannya tidak ada lagi kenaikan,” ujar Airin.

Airin berencana untuk menganalisis penyebab utama pengangguran, seperti relokasi pabrik ke daerah lain, dan berfokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Langkah pertama adalah menciptakan generasi atau SDM yang baik. Dengan SDM yang baik, mereka bisa berkontribusi dan bekerja di mana pun. Sekolah SMA dan SMK harus disesuaikan dengan potensi pekerjaan yang ada,” ujarnya.

Selain itu, Airin menekankan pentingnya inovasi dan hilirisasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Kita harus membuat terobosan dan inovasi, serta hilirisasi agar membuka lapangan pekerjaan baru. Jangan sampai investasi masuk, tetapi masyarakat Banten hanya jadi penonton. Tugas kita adalah meningkatkan kualitas SDM melalui SMK kejuruan dan BLK yang ada di Banten,” tegasnya.

Terkait masalah calo tenaga kerja yang marak di Banten, Airin menegaskan perlunya kebijakan yang mendukung transparansi dan kesempatan bagi masyarakat lokal.

“Pemerintah Kabupaten atau Kota harus memastikan ada keberpihakan dari perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Airin juga berbagi pengalamannya saat menjabat di Tangerang Selatan, di mana ia meminta para pengusaha untuk mempekerjakan 30% tenaga kerja lokal yang berkualitas. “Masyarakat Banten juga harus diberikan pelatihan guna meningkatkan kompetensi dan SDM,” tambahnya.

Ketua DPW PPP Banten, Subadri Ushuludin, mengapresiasi kedekatan dan kerja sama antara PPP dan Golkar, khususnya dalam mendukung Airin.

“Airin terkenal, cerdas, dan serius maju di Pilgub Banten. Semangatnya benar-benar di atas rata-rata,” ujarnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News