Beranda Peristiwa Air Sungai Cisadane Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Air Sungai Cisadane Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Luapan air Sungai Cisadane merendam rumah warga. (Ihya/bantennews)

 

TANGERANG — Bencana banjir yang disebabkan oleh meluapnya air sungai Cisadane pada merendam sekitar 700 rumah warga di RW 01, Kelurahan Panunggangan Barat, Kota Tangerang, Jumat (26/4/2019) pagi.

Ketua RT 03/01 Kelurahan Panunggangan Barat Mumu Mutaqin yang rumahnya juga ikut terendam mengatakan, banjir tersebut sudah langganan. Namun menurutnya banjir kali ini adalah yang paling besar dengan ketinggian hingga sekitar 120 sentimeter.

“Banjir sekarang itu air datangnya secara langsung dan masuk ke pemukiman warga itu udah kaya ombak. Jadi tidak kaya banjir biasanya dimana air itu naiknya sedikit-sedikit dan tingginya pun hanya sekitar 80 senti, sedangkan warga kita di sini sedikitnya ada 100-an warga” kata mumu saat dihampiri awak media, Jumat (26/4/2019).

Mumu sangat berharap agar pengerjaan proyek turap yang sudah dikerjakan pemkot Tangerang sejak 2018 itu agar segera diselesaikan sebab jika tidak, dengan cuaca musim hujan ini akan ada kiriman air lagi dari Bogor.

“Kalo untuk korban Alhamdulillah tidak ada, tapi kalo harta benda, ya alat-alat elektronik aja semuanya habis, tapi sekarang saya belum menghitung berapa kerugian yang saya alami,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Tangerang Irman Pujahendra menuturkan, banjir tersebut dampaknya bukan hanya di Panunggangan Barat, tapi juga di Panunggangan Utara. Hal itu disebabkan karena turap belum beres seluruhnya.

“Saat ini kita sudah membuka Pintu Air 10 dan Insha Allah siang ini surut dan kering. Untuk evakuasi warga yg terdampak sdh berlangsung dari pagi tad dengan personil dari kita berjumlah 60 personil dan 10 perahu di 5 titik,” tukas Irman. (Tra/Ihy/red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini