Beranda Pemilu 2024 AHY dan Ridwan Kamil Sudah Dicoret dari Bakal Cawapres Ganjar

AHY dan Ridwan Kamil Sudah Dicoret dari Bakal Cawapres Ganjar

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Pelataran Hutan Kota, Jakarta Pusat - foto istimewa suara.com

JAKARTA – Setelah Partai Demokrat memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) otomatis mencoret nama Agus Harimurti Yudhoyono dari bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

Tak hanya AHY, nama Ridwan Kamil pun juga disebut-sebut sudah dicoret dari bakal cawapres yang digadang-gadang mendampingi Ganjar Pranowo.

“Tadinya kan muncul nama Mas AHY, tapi karena Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo, ya, tentu saja sepertinya tak mungkin. Pak RK (Ridwan Kamil) juga, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo,” ujar Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Ponpes Al Hamid, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Kini praktis menyisakan beberapa nama yang memiliki peluang untuk mendampingi Ganjar Pranowo, yakni Erick Thohir, Sandiaga Uno, Andika Perkasa, dan Mahfud MD.

Namun, Puan mengaku enggan untuk memprediksi figur bakal cawapres, karena masih dinamis.

Meski begitu, ia mengungkapkan, PDIP beserta seluruh ketua umum partai koalisi akan segera menggelar rapat koordinasi terkait dinamika politik saat ini.

“Ya dengan perubahan dinamika seperti ini, saya kira akan ada perubahan-perubahan lagi. Nanti kami akan segera melakukan rapat koordinasi dengan para ketum, dengan Ibu Mega, terkait perubahan dinamika,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan PDIP beserta parpol koalisi masih memiliki waktu hingga sebulan ke depan untuk menetapkan bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo.

“Masih lama pendaftarannya, masih sebulan. Semuanya berharap segera diputuskan, tapi tiap partai punya strateginya masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo masih dalam tahap pembahasan oleh para ketua umum partai politik pendukung. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ