Beranda Peristiwa Ahli Berharap Media Massa Jadi Teladan Penggunaan Bahasa yang Baik

Ahli Berharap Media Massa Jadi Teladan Penggunaan Bahasa yang Baik

Kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Pelaku Media Massa di Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG – Seorang linguis atau ahli bahasa asal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Odien Rosidin berharap media massa di Provinsi Banten bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam penggunaan bahasa tulis yang baik.

Hal itu diungkapkan saat Kegiatan Penyuluhan Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Pelaku Media Massa di Kabupaten Pandeglang di salah satu rumah makan di Pandeglang, Rabu (4/9/2019).

Menurutnya, media massa dipandang memiliki jangkauan pembaca yang luas sehingga bisa menjadi teladan bagi masyarakat.

“Yang diinginkan oleh kami sebagai peneliti bahasa atau badan bahasa sebagai badan yang punya otoritas bidang kebahasaan adalah, media massa menjadi contoh penggunaan bahasa tulis yang baik sehingga bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Karena media massa menjangkau pembaca yang lebih luas begitu,” jelasnya.

Odien menerangkan, berdasarkan pemantauan yang dilakukannya, dari sisi kebahasaan media massa yang beredar di Provinsi Banten sebetulnya sudah tidak banyak masalah.

Di sisi lain, Odien tidak menyoalkan adanya perbedaan gaya penulisan yang disajikan oleh masing-masing media. Soalnya, setiap instansi media memiliki ideologi dan framing yang berbeda.

Sejauh tidak melanggar kaidah bahasa, maka tidak masalah. Apalagi tidak ada yang bisa intervensi terhadap kepentingan media.

“Kalau dari kosa kata atau diksi, teman-teman wartawan sudah banyak yang menguasai kosa kata yang mutakhir seperti yang dianjurkan oleh badan bahasa, tidak ada masalah,” terangnya.

Sementara itu, Staf Teknis Pengkaji Bahasa dan Sastra di Kantor Bahasa Banten, Dody Kristianto menuturkan, media massa menjadi acuan masyarakat untuk memperoleh informasi.

“Jika berbahasanya bagus, itu pasti inputnya akan bagus juga. Begitu juga dengan jika berbahasa yang berantakan, masyarakat bisa beranggapan benar. Padahal tidak seperti itu,” tambahnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini