Beranda Pariwisata Agrowisata Waras Farm Cilegon, Wisata Edukatif yang Cocok Isi Libur Panjang Bersama...

Agrowisata Waras Farm Cilegon, Wisata Edukatif yang Cocok Isi Libur Panjang Bersama Keluarga

Agrowisata Waras Farm, Cikerai, Kota Cilegon - (Foto Nindia/BantenNews.co.id)

CILEGON – Anda mungkin penat dengan rutinitas dan butuh hiburan yang berkualitas dengan keluarga atau dengan sahabat, wisata edukasi yang menyatu dengan alam bisa menjadi salah satu pilihan. Tidak hanya melepas penat, tapi bisa mendapatkan banyak ilmu dan belajar hal baru.

Seperti berwisata di Waras Farm. Wisata milik Rasmidi ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata edukasi alam yang menyenangkan dan hemat. Selain itu, wisata edukasi alam yang seluas 2 hektar ini masih terletak di daerah Banten tepatnya di Jalan Lebakkayang, Kampung Perigi, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon.

Di Waras Farm, pengunjung disuguhkan dengan udara yang segar, pemandangan sawah yang hijau serta bisa melihat Gunung Waringin Kurung. Selain pemandangan yang asri, para pengunjung juga dapat memetik langsung buah-buahan dari kebun atau sekadar menikmati suasana pegunungan sambil bersantap pecel Madiun kembang turi yang menjadi salah satu menu andalan dari Saung Rumah Makan khas Jawa Timuran “Waras Farm”.





Wisata Kuda di Waras Farm, Cikerai, Kota Cilegon – (Foto Nindia/BantenNews.co.id)

Rasmidi mengungkapkan bahwa ia terinspirasi membuka usaha Waras Farm dikarenakan berawal dari jual beli bibit tanaman kecil-kecilan.

“Proses berdirinya Waras Farm bermula dari saya menjual bibit dan tanaman sejak 2005, tapi tidak di sini, dulu nyewa tempat di dekat pom bensin PCI (Pondok Cilegon Indah) lalu pindah ke sini. Saya mulai dengan modal yang tidak besar, dikit-dikit,” ujarnya.

Berbekal pengalaman di bidang perkebunan dan pertanian selama lebih 20 tahun, Rasmidi berharap dapat memberikan edukasi mengenai tanaman kepada para pengunjung.

“Saya punya aneka jenis tanaman bisa untuk edukasi dan sekarang ada taman wisata bunga juga. Cukup dengan biaya tiket masuk yang murah Rp5.000, pengunjung bisa sambil belajar bagaimana cara bertanam, dapat membeli bibit dan pohon lalu tersedia juga paket edukasi untuk anak-anak sekolah”, lanjutnya.

Paket edukasi tersebut dimulai dengan harga sekitar Rp30.000 untuk siswa PAUD, TK, hingga SD dan untuk siswa SMP hingga SMA adalah sekitar Rp45.000 – Rp50.000 per siswa. Dalam paket edukasi tersebut, para siswa sudah mendapatkan ilmu tanaman yang diajarkan sesuai tingkatan sekolah, makan, 1 bibit pohon, dan praktik bertanam.

Tanaman yang terdapat di Waras Farm sangat beragam yaitu tanaman buah seperti pepaya California, buah naga, aneka jeruk, lalu aneka tanaman hias dan tanaman pelindung.

Di Waras Farm tidak hanya ada tanaman, terdapat juga beberapa hewan seperti kucing, kelinci, burung mutiara, ikan, dan kuda.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tempat wisata ini cukup ramah karena terdapat taman bermain anak-anak yang luas dengan dilengkapi prosotan, jungkat-jungkit dan ayunan.

(Tra/Nin/Red)