Beranda Internasional Agenda Khusus, Presiden Jokowi Bakal Bertemu dengan Pangerah Arab Saudi

Agenda Khusus, Presiden Jokowi Bakal Bertemu dengan Pangerah Arab Saudi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama rombongan saat berkunjung ke Timur Tengah - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung ke Arab Saudi dan bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Kepastian tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut yang saat ini berkunjung ke Timur Tengah mengadakan pertemuan dengan Presiden Uni Emirat Arab Mohammad bin Zayed dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Pada pertemuan dengan Mohammed bin Salman, Luhut menyebut bahwa kunjungan Jokowi akan menjadi agenda khusus bagi Pangeran Arab Saudi tersebut.

“Rasa percaya yang besar ini terlihat ketika Pangeran Mohammmad Bin Salman menyampaikan bahwa kunjungan Presiden @jokowi ke Arab Saudi akan menjadi agenda “high profile” Pangeran Mohammad bin Salman nantinya,” tulis Luhut di akun Instagram pribadinya, Minggu (19/6/2022).

Lebih lanjut, Luhut menyebut bahwa pada pertemuan bersama dua tokoh Timur Tengah tersebut membahas berbagai hal. Di antaranya ialah penambahan kuota haji bagi Indonesia hingga investasi untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara dan restorasi Mangrove.

Luhut juga menyampaikan, UEA dan Arab Saudi sangat mendukung Indonesia menjadi Presidensi G20. Hal itu dinilai sebagai bentuk kepercayaan dunia yang besar terhadap Indonesia.

Menurut Luhut, negara Timur Tengah sangat menghormati Indonesia dalam hubungan kenegaraan. Semua itu lanjut Luhut tak lepas dari kepemimpinan yang mereka lihat dari Jokowi.

“Saya percaya bahwa segala hal baik yang saya dapatkan dari dua pertemuan ini semata-mata karena bentuk respect mereka terhadap Presiden @jokowi,” ujar Luhut.

(Red)