Beranda Bisnis Agen dan Pangkalan Diminta Patuhi HET Gas 3 Kg

Agen dan Pangkalan Diminta Patuhi HET Gas 3 Kg

Ilustrasi - foto istimewa merdeka.com

PANDEGLANG – Dalam penyaluran Gas LPG yang berukuran 3 kilogram ada mekanisme yang harus dipatuhi oleh agen dan pangkalan dalam penjualan salah satunya Harga Eceran Tertinggi (HET).

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pandeglang Pery Hasanudin berharap aturan tersebut dapat dipatuhi oleh agen maupun pangkalan.

“Jika ada agen yang menjual gas LPG 3 Kg diatas HET ini sebuah pelanggaran karena ada ketentuannya,” ujar Plh Bupati pada Rakor dengan korwil dan hiswana migas di Ruang Pintar.

Diyakini Pery, jika agen dan pangkalan mematuhi aturan harga tentu tidak akan tetjadi gejolak di masyarakat terkait kenaikan harga. Untuk itu ia berharap, Agen dan Pangkalan harus punya komitmen.

“HET sudah jelas untuk harga di agen Rp14.500, di pangkalan Rp15.700, jangan sampai melebihi harga tersebut sehingga berdampak ke pengecer dan masyarakat,” jelasnya melalui siaran tertulis, Minggu (8/4/2021).

Disaat harga Gas LPG 3 Kg tinggi di masyarakat memang harus ada pemantauan hingga pemberian sanksi. Hal ini kata Pery, kewenangannya ada di Pertamina, pihak Pemkab hanya sebagai tim koordinasi.

“Makanya kita adakan rapat ini namun sayang pihak Pertamina tidak hadir, kita cari tahu soal adanya isu kenaikan harga, memang hanya sebagian saja tidak menyeluruh,” ungkapnya.

Menurut Pery, disaat harga Gas LPG 3 Kg di pengecer tinggi itu biasanya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab.

“Bisa jadi memang harga dari Pangkalan melebihi HET, atau memang pengecer yang mencari untung melebihi dari kewajaran karena pengecer tidak kena aturan,” imbunya.

Oji Fahroji Sekretaris Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Pandeglang mengatakan, pihaknya akan kembali melakukan pembinaan kepada pangkalan agar bisa menerapkan harga sesuai HET.

“Kami sangat butuh dukungan dari Pemda sebagai pihak pengawas, persoalan yang saat ini terjadi tidak jauh berbeda masalah harga, kelangkaan, kami terus berupaya mendorong pangkalan taati aturan,” ungkapnya.

“Memang terkadang ada beberapa pangkalan yang kurang mengindahkan, kita akan buat teguran. Tapi memang sudah banyak yang menerapkan,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini