Beranda Pemilu 2024 Adu Perkasa Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil

Adu Perkasa Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil

Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil - foto istimewa

SERANG – Sebanyak tiga kandidat besar bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilu 2024 ditempati oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Ridwan Kamil berada di puncak dengan nilai 19,6%. Kemudian disusul oleh Sandiaga Uno yang menempati posisi kedua dengan elektabilitas 18,9%. Posisi ketiga ada Erick Thohir dengan elektabilitas 13,0%.

Ketiga nama itu juga sempat disinggung PDIP hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai kandidat cawapres Ganjar Pranowo.

Lantas, seperti apakah rekam jejak Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil?

Rekam Jejak Erick Thohir

Seperti diketahui, saat ini Erick Thohir menjabat sebagai Menteri BUMN. Tak hanya itu, Erick Thohir juga mengemban jabatan sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau Ketum PSSI.

Jauh sebelum ia berkecimpung di dunia politik, Erick Thohir sudah lebih dulu memulai kariernya sebagai pengusaha. Sosoknya berhasil mendirikan bisnis media yang diberikan nama Mahaka Group.

Erick Thohir juga berhasil mengakuisisi harian Republika yang sebelumnya sempat diambang kebangkrutan. Ia kemudian dipercaya mengemban jabatan sebagai Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 2008.

Masih di tahun yang sama, Erick Thohir juga mendirikan tvOne beserta situs berita VivaNews bersama Anindya Bakrie. Ia juga sempat menduduki jabatan sebagai Ketua Komite Konten dan Industri untuk Kamar Dagang Industri (KADIN).

Tak hanya membentangkan karirnya di dunia bisnis, Erick Thohir juga turut terlibat dalam organisasi olahraga. Bahkan, Erick pernah dipercaya menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) dari tahun 2006 hingga 2014.

Nama Erick Thohir juga sudah dikenal di komunitas sepak bola Eropa, setelah sebelumnya sempat menjadi Presiden Inter Milan.

Rekam Jejak Sandiaga Uno

Saat ini, Sandiaga Uno menduduki jabatan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Sebelum bergabung ke dunia politik dan pemerintahan, Sandiaga Uno fokus berkarier di dunia bisnis.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Sandi mendirikan sebuah perusahaan yang dinamakan PT Saratoga Investama Sedaya. Perusahaan tersebut bergerak pada bidang telekomunikasi, pertambangan dan juga kehutanan.

Adapun karier politik Sandiaga Uno dimulai sejak ia dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta menemani Anies Baswedan. Setelah itu, Sandi dilantik sebagai Menparekraf menggantikan Wishnutama.

Sandi awalnya terjun ke dunia politik dengan bergabung bersama Partai Gerindra yang diketuai Prabowo Subianto. Namun mulai tahun ini, ia memutuskan keluar dari Gerindra dan hijrah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Rekam Jejak Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu nama yang digadang-gadang menjadi kandidat kuat pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

Jauh sebelum terjun dunia politik, Ridwan Kamil memulai kariernya sebagai seorang arsitektur dan juga seorang akademisi di bidang yang sama.

Adapun karier politiknya dimulai pada saat Ridwan Kamil maju dalam Pilwalkot Bandung. Saat itu, ia diusung oleh PKS dan juga Gerindra. Ia berhasil terpilih sebagai Wali Kota Bandung.

Ridwan Kamil kemudian mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Lagi-lagi, ia berhasil menang setelah mengantongi suara terbanyak, yakni sebesar 32,88 persen.

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini