Beranda Kesehatan Adakah Ketentuan Waktu Bangun Pagi yang Paling Baik?

Adakah Ketentuan Waktu Bangun Pagi yang Paling Baik?

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Pukul berapa sih biasanya anda bangun pagi? Ya, setiap orang memiliki durasi tidur dan waktu bangun yang berbeda-beda. Ada yang terbiasa bangun pagi-pagi sekali, sementara lainnya baru bisa melek saat matahari sudah naik alias siang. Nah, sebenarnya apakah ada aturan waktu bangun tidur yang baik?

Kapan waktu bangun tidur yang ideal untuk saya?

Sebenarnya tidak ada waktu bangun tidur di pagi hari yang terbaik. Hal ini bisa dibilang tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing orang. Namun, ada beberapa faktor yang bisa membantu Anda mengetahui kapan waktu bangun tidur yang tepat.

1. Pastikan cukup tidur

Bila Anda selama ini berusaha bangun sangat pagi, tapi baru terlelap di tengah malam atau dini hari, maka waktu tersebut bukan waktu yang tepat. Yang terpenting adalah mencukupi kebutuhan tidur Anda setiap hari.

Ya, tiap orang memiliki jam biologisnya sendiri-sendiri. Biasanya, jam biologis ini yang akan menuntun Anda untuk tertidur lelap dan terbangun di pagi hari. Tentu saja, Anda juga harus membiasakan diri untuk tidur cukup, setidaknya 7 sampai 8 jam per malam.

Jadi, jangan sampai Anda baru tertidur dini hari dan terbangun pukul 6 pagi, karena durasi tidur Anda kurang malam itu.

2. Sesuaikan dengan pola hidup

Jika Anda bekerja pada shift malam, tidak ada patokan kapan harus bangun tidur di pagi hari. Memang, kebanyakan orang bangun tidur di waktu subuh dan merasa waktu tidur mereka sudah cukup.

Namun, ada juga beberapa orang yang masih merasa kurang tidur dan mengantuk, karena harus bangun pagi-pagi, apalagi jika ia kebagian shift malam.

Jadi jika Anda bekerja shift malam, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya.

3. Pertimbangan waktu tidur

Ada baiknya jika waktu bangun tidur pagi Anda cukup untuk menjalani beberapa tugas besar di pagi hari.

Setidaknya bangun satu jam sebelum pergi bekerja, untuk memberikan waktu untuk bersiap-siap memulai rutinitas pagi Anda. Misalnya, jika Anda harus mengejar kereta di pagi hari, agar tidak terlambat. Anda bisa bangun 2-3 jam sebelum berangkat kerja.

Lebih baik bangun di waktu yang sama setiap pagi

Menurut penelitian, hal yang paling penting adalah memiliki jadwal tidur yang konsisten, entah itu waktu tidur dan waktu bangun di pagi hari. Sebuah penelitian dari Brigham and Womens Hospital mengamati pola tidur 61 siswa di Harvard college selama 30 hari, dan membandingkan kinerja akademinya.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa yang punya jadwal tidur tak teratur cenderung memiliki prestasi akademiknya lebih rendah ketimbang siswa yang tidur di waktu yang sama.

Semakin bervariasi jadwal tidur seseorang, semakin buruk kerja sistem tubuh Anda. Ini karena jam biologis Anda terganggu dan tak sama setiap harinya. (Red)

Sumber : hellosehat.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini