Beranda Bisnis Ada Tol Serang-Panimbang, Lebak Berpotensi Jadi Kawasan Industri Terbesar di Banten

Ada Tol Serang-Panimbang, Lebak Berpotensi Jadi Kawasan Industri Terbesar di Banten

Ilustrasi - foto istimewa africanleadership.co.uk

SERANG- Jalan Tol Serang-Panimbang diprediksi membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lebak. Pasalnya, wilayah bagian Selatan Banten itu berpeluang menjadi kawasan industri terbesar di Provinsi Banten.

“Kami yakin ke depan Lebak menjadikan daerah kawasan industri,” kata Mantan Wakil Bupati LebakAmir Hamzah, Selasa (28/5/2019).

Keunggulan Kabupaten Lebak menjadikan kawasan industri, karena memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dari komoditas pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, peternakan hingga pariwisata.

Selain itu juga lokasinya berdekatan dengan Ibu kota Negara, Jakarta. Sehingga, akses lalu lintas darat, laut dan udara begitu mudah.

Keunggulan lainnya, kata dia, harga tanah di Kabupaten Lebak relatif murah dibandingkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek).

Karena itu, Kabupaten Lebak akan dilirik oleh pemodal domestik dan mancanegara untuk membangun kawasan industri tersebut.

“Kehadiran kawasan industri itu tentu dapat menyerap ribuan lapangan pekerjaan,” katanya dikutip dari akurat.co.

Menurut dia, dampak pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang melintasi wilayah Kabupaten Lebak tentu akan membebaskan daerah tertinggal.

Pembangunan kawasan industri akan berkembang di Kecamatan Rangkasbitung, Cikulur, Cileles, Banjarsari, Malingping hingga menembus pabrik semen merah putih di Kecamatan Bayah.

Selain itu juga kawasan industri akan tumbuh di wilayah Pandeglang bagian selatan, seperti Kecamatan Munjul, Picung, Bojong hingga Panimbang.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak Teguh Eko Saputro mengatakan lima kecamatan di daerah ini masuk kawasan industri berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Kawasan industri itu seluas 1.300 hektare tersebar di lima kecamatan antara lain Rangkasbitung, Maja, Curugbitung, Bayah dan Cilograng.

Pemerintah daerah berkomitmen untuk membuat lapangan pekerjaan di daerah sendiri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga mengantisipasi kemiskinan.

“Kami berharap kawasan industri itu secara langsung mampu mensejahterakan masyarakat,” katanya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini