Beranda Hukum Ada Buronan KPK yang Ubah Kewarganegaraan, Harun Masiku?

Ada Buronan KPK yang Ubah Kewarganegaraan, Harun Masiku?

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Pol Krishna Murti - foto istimewa gatra.com

SERANG – Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Pol Krishna Murti mengungkap ada buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah mengubah kewarganegaraan. Informasi ini didapat dari Interpol negara lain dan telah disampaikan ke KPK.

“Ada yang sudah mengubah kewarganegaraan. Kami tahu siapa dan nanti kami sampaikan, dan KPK juga sudah aware,” kata Krishna Murti kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Meski tak menyebut jumlah dan identitas buronan KPK yang telah mengubah kewarganegaraan, Krishna mengklaim Polri akan berupaya mencari dan memulangkannya.

“Kami akan mengupayakan langkah-langkah lainnya untuk mendukung KPK memulangkan yang bersangkutan,” katanya melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Krishna lantas menjelaskan salah satu alasan menemui pimpinan KPK kemarin adalah dalam rangka menguatkan kerja sama.

“Karena kalau tidak dikuatkan, tidak disinkronisasi nanti tidak optimal,” kata dia.

Sebelumnya, Krishna menemui pimpinan KPK di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengungkap pertemuan tersebut membahas sejumlah isu yang salah satunya terkait buronan Harun Masiku.

“Itu informasi penting yang akan kami dalami. Jadi pertemuan ini tidak berhenti. Ke depan secara teknis akan kami tindaklanjuti melalui Kedeputian Penindakan dan Kedeputian Informasi dan Data,” kata Ali kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Ali mengklaim KPK berkomitmen untuk mengejar buronannya yang kabur dari proses hukum. Total ada buronan KPK yang kekinian masih diburu.

“Kami sangat serius menyelesaikan, setidaknya 3 perkara atau tersangaka yang kini berstatus DPO. Paulus Tannos yang sudah berganti nama, kemudian Kirana Kotama dan Harun Masiku,” bebernya.

“Kami terus lakukan pengejarannya, tentu dibantu oleh Hubinter. ini untuk memperkuat kembali pencarian-pencarian itu, karena kami sangat serius untuk menyelesaikan perkara dimaksud,” imbuh Krishna.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini