Beranda Opini Abai Masker, Abai Kesehatan

Abai Masker, Abai Kesehatan

Siswa mengenakan masker saat di sekolah - foto istimewa tempo.co

Penulis : Rofiqoh Aljawiyah, Mahasiswa Universitas Pamulang, Prodi D3 Sekretari

 

Penggunaan masker adalah untuk menjaga kesehatan diri dari virus dan penyakit, bukan karena takut dihukum oleh SATGAS COVID-19. Banyak dari kita hanya menggunakan masker jika ada razia saja, lebih dari itu memilih mencopot maskernya.





Menggunakan masker pada saat pandemi COVID-19 merupakan hal yang wajib dipakai terutama ketika bepergian keluar rumah. Masker menjadi hal yang esensial karena mampu menangkal virus ataupun bakteri yang akan masuk ke mulut ataupun hidung seseorang. Tetapi meskipun begitu masih banyak yang abai menggunakan masker, dikarenakan faktor ketidaknyamanan saat memakai masker.

Masker yang direkomendasikan untuk dipakai dalam beraktivitas adalah :

1. Masker yang sesuai dengan ukuran wajah, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit di telinga ataupun di kepala ketika di pakai.

2. Masker yang memiliki bahan sesuai Standar Nasional Indonesia yang dapat berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dengan baik, sehingga tidak menimbulkan sesak pada pernafasan saat beraktivitas menggunakan masker.

3. Masker yang digunakan harus dalam keadaan bersih, tidak wangi dan tidak juga bau untuk kenyamanan pernafasan.

Selain itu, kebersihan masker harus selalu terjaga dan penggunaan masker hanya satu kali pemakaian. Bila masker yang terbuat dari bahan kain, dianjurkan dicuci setiap hari untuk pemakaian sehari sekali pakai.

Bahaya tidak menggunakan masker adalah mempermudah penyebaran virus masuk ke tubuh melalui udara yang kita hirup dan juga melalui percikan air liur saat berbicara dengan orang lain.

Pentingnya pemakaian masker untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan, melihat dari statistik data pasien Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat. Hindari bepergian keluar rumah jika tidak mendesak, hindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun setidaknya saat setelah melakukan aktivitas diluar ruangan dan saat sebelum makan. Menjaga kebersihan lingkungan juga menjadi hal yang utama untuk kesehatan diri dan memastikan virus jauh dari tubuh kita.

Memilih makanan untuk di konsumsi pun harus teliti, sebaiknya makan makanan yang dimasak dirumah, jika memang tidak memungkinkan untuk memasak atau tidak cukup waktu untuk itu sebaiknya pilih makanan yang kita beli dengan teliti, pastikan lingkungan di sekitar makanan yang dijual tersebut bersih dan hygienis.

Menuntaskan pandemi ini dan memutus mata rantai virus Covid-19 adalah wajib bagi setiap orang, betapa kita semua rindu saat-saat seperti dulu bertemu sanak saudara tanpa menghawatirkan virus. menjaga silaturahmi tidak hanya melalui ponsel. Maka dari itu, mulailah peduli pada diri sendiri untuk selalu menjaga kesehatan dan lebih peduli pada kebersihan lingkungan sekitar.

(***)