Beranda Kesehatan PSBB di Banten Dinilai Tak Efektif, M Nizar: Hanya Seremonial Belaka

PSBB di Banten Dinilai Tak Efektif, M Nizar: Hanya Seremonial Belaka

Ketua Komisi V DPRD Banten, M. Nizar.

SERANG – Ketua Komisi V DPRD Banten, M. Nizar menilai kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) se Banten tak efektif. Bahkan dirinya menilai hanya seremonial belaka.

Dikatakan Nizar, sejak kemunculannya kasus Covid-19 di Banten pemerintah daerah baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota langsung menetapkan PSBB. Namun, dirinya melihat, hingga kini kebijakan tersebut belum memberikan efek penurunan kasus positif di Banten.

“Sejak awal PSBB tidak ada yang efektif. Semua hanya seremonial belaka. Ada posko pengendalian (tapi) tidak ada yang efektif. Kita bisa melihat tolok ukur dari lonjakan kasus (positif) itu juga di luar OTG (Orang Tanpa Hejala) yang tidak terdeteksi,” kata Nizar saat dihubungi, Senin (28/12/2020).

Nizar menjelaskan, lonjakan kasus positif Covid-19 di Banten dalam beberapa pekan terakhir terjadi lantaran adanya tracing yang dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 baik tingkat provinsi maupuan kabupaten/kota. “Hasil tracing menunjukkan indikasi banyak yang terpapar, tapi (statusnya) OTG,” jelasnya.

Politisi Gerindra itu melihat apa yang dilakukan pemerintah masih belum efektif. Di sisi lain, peran stakeholder juga cukup penting dalam membentuk kesadaran masyarakat untuk menekan penyebaran virus asal Tiongkok itu.
“Kalau saya melihat bukan hanya kebijakan (PSBB) yang tak efektif, tapi juga kesadaran masyarakat juga yang rendah,” katanya. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini