Beranda Pendidikan Wapres : Pesantren Berpotensi Besar Jadi Mesin Produksi Peningkatan SDM

Wapres : Pesantren Berpotensi Besar Jadi Mesin Produksi Peningkatan SDM

Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin menyatakan dewasa ini tantangan global yang dihadapi umat Islam semakin komplek dan beragam. Pesantren sebagai pusat pendidikan yang memberikan pemahaman keagamaan harus mampu mengambil peran yang signifikan dalam menyiapkan generasi masa depan Islam yang menyerukan dan menjelaskan Islam rahmatan lil aalamin (rahmat bagi semesta), Islam wasathiyah (moderat) dan tentu Islam yang ahlusunnah wal jama’ah.

Penegasan ini disampaikan pada pembukaan Seminar Peringatan Hari Santri Nasional 2020 dan Dies Natalis ke-17 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur melalui konferensi video.

“Jumlah pesantren yang sangat banyak tentu dapat menjadi agen perubahan baik melalui pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Pesantren berpotensi besar sebagai mesin produksi peningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan dan perubahan global,” ujar KH Ma’ruf Amin dikutip lewat sosial media resminya, Kamis (12/11/2020).

Pesantren juga memiliki peran strategis dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan. Para pendiri bangsa telah bersepakat menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dengan Pancasila sebagai dasarnya.

“Kesepakatan para pendiri bangsa itu bagi umat Islam merupakan bentuk kesepakatan nasional (al miitsaaq al wathani) yang harus dijaga bersama. Para santri harus siap mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena NKRI bagi kaum santri adalah harga mati,” katanya.

“Sesuai tema Hari Santri tahun 2020 yaitu “Santri Sehat, Indonesia Kuat”, saya mengajak pesantren dan para santri juga dapat menjadi contoh penerapan protokol kesehatan yang baik di masyarakat agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini