Beranda Pendidikan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Aksen Australia

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Aksen Australia

Ilustrasi - foto istimewa Rimma.co

SERANG – Mungkin bagi sebagian orang hanya tahu dalam bahasa Inggris ada dua jenis aksen yaitu aksen Amerika dan aksen British. Namun ternyata bahasa Inggris juga memiliki aksen lainnya yakni aksen Australia. Mempelajari banyak aksen termasuk aksen Australia akan memperkaya linguistik Anda, serta dapat membantu Anda berbicara mirip dengan penutur aslinya dan dapat berkomunikasi dengan berbagai penutur setempat.

Hampir semua orang bermimpi untuk dapat mengunjungi dan bersekolah di negara kangguru tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda harus tahu beberapa cara gaya berbicara serta frasa dan slang yang digunakan orang Australia pada umumnya untuk memudahkan Anda saat berkomunikasi dengan mereka.

Orang Australia berbicara lebih cepat, maka seringkali kita tidak mengerti apa yang mereka ucapkan dengan logat dan aksen yang mereka gunakan. Hal terpenting wajib diingat adalah ketika kita melatih aksen Australia adalah haruslah malas. Sebutkan huruf vokal dengan bunyi yang sangat panjang dan pelan, bicaralah seakan-akan Anda kelelahan, dengan itu Anda pasti akan terdengar seperti orang Australia asli. Misalnya kata “Brother” menjadi “bratha” Anda tidak akan mendengar bunyi huruf /r/ pada akhir sebuah kata. Ciri khas lainnya dari aksen Australia adalah :

1. Jangan sebutkan huruf di akhir kata.Orang Australia tidak menyebutkan huruf di akhir banyak kata. Misalnya, what? menjadi wha?. Selain itu, meeting, going, dan trying berubah menjadi meetin, goin, dan tryin.

2.Ganti huruf di akhir kata. Anda harus mengganti huruf di akhir beberapa kata. Kata super, after, dinner, dan order menjadi supah, aftah, dinnah, dan ordah.

3. Ubah bunyi “oo” menjadi “ew”.Apabila suatu kata memuat ejaan “oo”, Anda perlu mengubah cara mengucapkan bunyi ketika melafalkan kata tersebut. Contoh terbaiknya adalah kata pool, school, dan cool. Orang Australia mengubahnya jadi pewl, skewl, dan kewl.

Selain ciri khas yang telah disebutkan diatas, aksen Australia juga memiliki sifat atau karakternya tersendiri. Berikut sifat-sifat yang ada pada aksen Australia :

1. Cara menyingkat
Satu singkatan yang lazim pada Inggris Australia adalah “G’day” dari “Good day”, yakni yang biasanya digunakan untuk menyapa orang saat bertemu.

2. Cara mengeja atau spelling
Inggris Australia merupakan bahasa Inggris yang paling jelas dalam pelafalan huruf “a” maupun “r”. Mengenai huruf “a”, yang membuat Inggris Australia berbeda dibandingkan Inggris UK yang paling dekat dengannya adalah ketika mengeja kata-kata yang mengandungi “day”, seperti “G’day”, “How are you today?”, yang bunyinya menjadi seperti “G’dai”, “How are you todai (kadang orang keliru mendengar sebagai “to die”)?”, dan lain-lain.

Mengenai huruf “r”, Inggris Australia selalu mengejanya dengan penuh dan jelas, terutama bila “r” itu di tengah-tengah kata dan ada huruf hidup sebelum “r”. Sebagai contoh, “bird” memiliki “i” sebelum “r”, dan “start” memiliki “a” sebelum “r”, maka huruf “r” tetap dieja dalam kedua contoh kata ini.

3. Vocabulary
Inggris Australia mengandung vocabulary yang sangat berbeda dengan Inggris UK maupun Inggris US. Contohnya, “brekkie” untuk menyebut sarapan, “tucker” untuk menyebut makanan secara umum, “ace” untuk menyebut sesuatu yang bagusnya luar biasa, dan “Aussie” untuk menyebut orang-orang Australia.

4. Idiom
Idiom Inggris Australia juga memiliki keunikan dibandingkan versi Inggris US maupun UK. Kita dapat melihat contoh ini dari “beat around the bush” untuk sesuatu atau seseorang yang jawabannya terlalu berputar-putar, ada masalah atau semua baik-baik saja.

Orang Australia juga menggunakan frasa yang unik yang tidak dapat ditemukan dibelahan bumi lainnya. Menurut Alastair Morrison (ahli bahasa) hal tersebut disebut dengan bahasa slang atau strine. Bahasa ini menggabungkan gaya bahasa Cockney dari Irlandia dengan kata-kata dari bahasa Aborigin (suku asli di pedalaman Australia). Bahasa Inggris Australia lebih mirip dengan British English daripada American English karena Australia adalah negara persemakmuran Inggris. Berikut beberapa frasa yang lazim digunakan orang Australia :

1. G’day
G’day sinonim dari kata Hello atau How are you? Beberapa orang bahkan mengatakannya ketika berkontak mata dengan orang lain di jalan. Ini adalah kata slang Australia paling umum yang akan Anda dengar ketika berkunjung ke sana.
Pelafalannya bukan good day atau geh-day. Anda harus memperpendek bunyi “g” dan menekankan day. Pastikan bagian day dipanjangkan. Bunyinya mirip “daaey”.

2. Mate
Ini adalah sinonim bahasa Inggris untuk teman. Mereka biasanya menambahkan mate dengan G’day. Misalnya, “G’day mate” berarti “Hello, friend”. Akan tetapi, Anda dapat menggunakan mate dalam banyak cara lain. Jika ada yang bertanya bagaimana akhir pekan Anda, jawaban tipikal dari orang Australia (laki-laki) adalah “Maaaate”. Jika digunakan seperti ini, artinya adalah “OMG! Luar biasa. Aku tidak punya kata-kata untuk menjelaskannya.” Anda juga bisa menggunakan mate ketika melewati orang di jalan. Jika Anda berkontak mata dengan orang asing, anggukkan kepala dan katakan mate sebagai sapaan sederhana dan kasual. Kata ini menjadi salam yang bersahabat.

3. How ya going?
Ini berarti “How are you?”
Ya berarti “Anda” dan going merujuk pada bagaimana keadaan Anda: baik, sedih, marah, bersemangat. Going dalam konteks ini berarti ada atau hidup. Jadi, si penanya ingin tahu bagaimana perasaan Anda atau seperti apa hari Anda.

4. Crikey!
Kata ini merupakan interjeksi. Interjeksi (kata yang mengungkapkan seruan perasaan), seperti yang Anda ketahui, tidak memiliki koneksi gramatika pada suatu kalimat. Interjeksi kadang diikuti oleh tanda seru (!). Sebagai interjeksi, crikey hampir selalu diikuti dengan tanda seru. Sebagian besar orang Australia mendengar kata ini sejak kecil. Crikey digunakan sebagai seruan kaget atau bingung. Kata ini juga bisa berarti “wow!” Sebagai contoh:
“Crikey! Did you see the size of that snake?”

5. G’arvo
G’arvo atau good arvo merupakan sinonim dari kata “good afternoon” atau kata yang digunakan untuk menyatakan selamat sore.

6. Heaps good
Anak muda Australia senang mengganti kata very dengan heaps. Jadi, frasa di atas berarti very good atau sangat bagus. Kata ini menunjukkan bahwa sesuatu yang sudah Anda lakukan, makan, atau capai sangat, sangat, sangat baik/enak/bagus.

7. Fully sick
Kata fully berarti completely atau entirely (sepenuhnya). Contohnya dalam kalimat adalah “I fully understand the math equation.” Jadi, kita tahu bahwa frasa ini menggambarkan sesuatu yang sick sepenuhnya. Akan tetapi, kenapa sick? Bukankah artinya tidak baik? Jadi, ketika orang Australia mengatakan fully sick, mereka tidak sakit, atau bosan. Justru sebaliknya! Fully sick berarti This is great! atau very good quality.

8. True Blue
Ini adalah frasa terakhir dan mungkin yang paling penting dalam kosakata Australia. Artinya adalah the real thing. Warna biru merepresentasikan kesetiaan dan kebenaran. Jadi, frasa true blue menggambarkan sesuatu yang tulen, real, dan benar.

Untuk membiasakan diri dengan bahasa Inggris Australia dan bahasa gaul Australia, kita perlu mendengar penggunaan bahasa ini sesering mungkin. Anda dapat mendengarkan lagu, siaran radio, TV, atau mendengarkan percakapan warga setempat. Paparkan diri Anda sesering mungkin dengan aksen Australia. Hal itu akan membantu Anda dengan cepat dan mudah paham aksen yang mereka gunakan.

Singkatnya, aksen Australia berpusat pada pelafalan vokal. Bahkan, dapat dikatakan bahwa pengucapan vokal adalah perbedaan paling penting antara aksen bahasa Inggris dan aksen Australia. Yaitu huruf vokal dibunyikan sangat panjang dan pelan seakan-akan Anda kelelahan.

*Penulis Sandra Elizabeth, Mahasiswi UIN Jakarta Syarif Hidayatullah

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini