Beranda Kesehatan Warga Kota Tangerang Diduga Terkena Virus Corona, Begini Penjelasan Humas Pemkot

Warga Kota Tangerang Diduga Terkena Virus Corona, Begini Penjelasan Humas Pemkot

Penanganan pasien terduga terpapar virus corona. (Ist)

 

KOTA TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang merujuk satu pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus corona Covid-19, Jumat (13/3/2020) kemarin.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, pasien berjenis kelamin laki-laki tersebut merupakan warga Kota Tangerang. Terlihat, petugas yang membawa pasien ke dalam mobil ambulans pun mengenakan pakaian alat pelindung diri lengkap.

Kabag Humas Pemkot Tangerang, Buceu Gartina saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pasien dengan pengawasan tersebut dirujuk ke RSUP Persahabatan karena lebih lengkap peralatannya.

Petugas medis RSUD Kota Tangerang saat merujuk PDP ke RS Persahabatan. (Ist)

“Baik dapat dijelaskan bahwa RSUD Kota Tangerang merujuk satu pasien pengawasan ke rumah sakit RSUP Persahabatan, disana yang lebih lengkap peralatannya,” kata Buceu, Sabtu (14/3/2020)

Buceu menuturkan, dirujuknya pasien dengan pengawasan tersebut telah sesuai dengan protokol Kementerian Kesehatan. Pasien pun dirujuk ke rumah sakit rujukan virus corona yakni RSUP Persahabatan.

“Maka sesuai dengan Protokol Kemenkes pihak RSUD Kota Tangerang merujuk pasien tersebut ke RS Persahabatan,” ujarnya.

Kendati demikian Buceu menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menentukan pasien tersebut positif ataukah negatif Virus Corona, pasalnya hal tersebut adalah kewenangan Kemenkes.

“Berkenaan dengan data detail pasien tersebut apakah positif atau negatif, maka menjadi kewenangan Kemenkes sesuai dengan protokol yang ada,” pungkasnya.

(Tra/Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ