Beranda Peristiwa Lebak Diguncang Gempa 3,7 Skala Richter, Tidak Berpotensi Tsunami

Lebak Diguncang Gempa 3,7 Skala Richter, Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

LEBAK – Gempa bumi dengan kekuatan 3,7 skala richter mengguncang Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten pada pada pukul 12.55 WIB. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dalam siaran persnya, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho mengatakan, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=3.7 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.21 LS – 106.03 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 39 km barat daya Bayah – Banten dengan kedalaman 28 Kilometer.

“Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia,” jelasnya, Senin (20/1/2020).

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shake map) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Cigemblong, Bayah dan Panggarangan dengan Skala Intensitas III MMI.

Di Pelabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II – III MMI, Di Malingping dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Hingga laporan ini dibuat pukul 13:29 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” ujarnya.

Hendro mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, ia menegaskan bahwa BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

“Pastikan informasi resmi gempa bumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website http://balai2.bmkg.go.id/,” imbuhnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini