Beranda Kesehatan Jaga Tubuh Tetap Sehat, Jangan Lewatkan Sarapan

Jaga Tubuh Tetap Sehat, Jangan Lewatkan Sarapan

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Terkadang sarapan tidak dianggap begitu penting dan memilih untuk menggabungkannya dengan makan siang saja.

Namun pakar tidak setuju. Kunci dari kesehatan tubuh yang optimal berawal dari sarapan yang baik dan sehat. Hal ini karena sarapan mendorong metabolismemu di awal hari dan membantu membakar kalori lebih banyak saat seharian kamu beraktivitas.

Ketika kita melewatkannya, tubuh menganggap lebih baik menyimpan kalori ketimbang membakar kalori yang masuk. Banyak studi yang menyebutkan meksipun mereka yang melewatkan sarapan cenderung akan memakan kalori yang lebih sedikit, mereka justru cendering memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih tinggi.

“Kami menggunakan IMT, yakni rasio berat badan dibagi dengan tinggi, sebuah hitungan mudah apakah seseorang tersebut berada di bobot yang ideal atau tidak. IMT lebih dari 25 contohnya, mengindikasikan seseorang kegemukan dan harus melakukan sesuatu untuk kembali ke berat badan idealnya,” kata Christy C. Tangney, PhD, ahli gizi klinis di Rush University Medical Center seperti dilansir detik.com.

Beberapa manfaat sehat rutin sarapan dirangkum dari berbagai studi dan riset, antara lain:

– memiliki IMT yang lebih rendah
– mengonsumsi lemak lebih sedikit dalam sehari
– memenuhi asupan rekomendasi buah dan sayuran
– memiliki asupan kalsium dan serat harian lebih tinggi
– memiliki performa yang lebih baik dalam bidang memori dan perhatian (untuk anak-anak usia sekolah)

Tangney menyebut kebanyakan studi ini masuk akal, karena jika kita memulai dengan makanan yang mengenyangkan dan menyehatkan di pagi hari, kita cenderung akan mengonsumsi makanan yang tak bernutrisi nantinya alias asal ngemil.

Selain itu, jika kamu sering melewatkan sarapan bisa berakibat kemungkinan besar jadi gemuk, tidak akan memenuhi konsumsi buah dan sayur yang direkomendasikan, dan bisa membuat kita jadi ngemil makanan atau cemilan yang tidak sehat.

“Yang lebih mengkhawatirkan adalah adanya kaitan antara melewatkan sarapan dan perilaku berisiko lainnya seperti merokok dan bereksperimen menggunakan obat-obatan dan alkohol. Sarapan itu bagai berolahraga. Jika kamu meluangkannya di pagi hari, kamu akan terlihat dan merasa luar biasa seharian,” tandas Tangney.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini