Beranda Pemerintahan Wahidin Halim Raih Penghargaan Pelopor Revitalisasi Banten Lama

Wahidin Halim Raih Penghargaan Pelopor Revitalisasi Banten Lama

Gubernur Banten Wahidin Halim mendapat penghargaan sebagai pelopor revitalisasi Banten Lama

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim mendapat penghargaan sebagai pelopor revitalisasi Banten Lama. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo di salah satu hotel di Tangerang Selatan, Selasa (23/07/2019) malam.

Penghargaan tersebut diperoleh karena Gubernur dinilai sukses menata Kawasan Banten Lama yang kini juga populer disebut Kawasan Keraton Kesultanan Banten.

“Ada juga yang kurang setuju dengan ditatanya Kawasan Banten Lama, padahal dulu kumuh, kotor, semerawut tapi tidak nyinyir. Kini dengan ditatanya atau direvitalisasinya Kawasan Banten banyak yang bangga dan kagum,” ungkap Wahidin Halim.

Tak lupa, Gubernur juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang terus mendukungnya dalam melakukan perubahan dan perbaikan yang lebih baik untuk Banten lebih maju ke depan.

“Terima kasih kepada Masyarakat Banten dan semua pihak atas penghargaan yang diberikan, ini menjadi motivasi dan spirit untuk senantiasa semangat mewujudkan Banten maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera dan berakhlakul karimah,” paparnya.

Namun lebih penting, ujar Gubernur, ia menginginkan agar kedepan Banten tidak hanya menjadi lebih baik dengan perubahan-perubahan, tapi juga memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Banten.

Sebagai informasi saat ini Pemprov Banten sedang merevitalisasi Kawasan Keraton Kesultanan Banten yang juga dikenal sebagai Kawasan Banten Lama. Di antaranya meliputi penataan halaman Masjid Agung Banten, revitalisasi Kanal Banten, pembangunan taman sebagai ruang publik dan ruang terbuka hijau, taman beemain anak, pedestrian, penataan kawasan pedagang kaki lima, tempat parkir kendaraan, hingga upaya membangun budaya bersih terus digencarkan.

“Selain itu, kami juga akan membangun Rumah Qur’an dan Rumah Debus di kawasan ini. Sejarah keunggulan diplomasi Kesultanan Banten dengan bangsa lain juga bakal digali,” tuturnya.

Untuk mendukung fasilitas bagi para pengunjung Kawasan Keraton Kesultanan Banten sekaligus memberikan dampak langsung revitalasi terhadap penduduk setempat, terang Gubernur, Pemprov Banten juga mendukung pembangunan homestay di kawasan ini. Nantinya, penduduk yang akan merenovasi rumahnya menjadi homestay.

Revitalisasi semakin menarik pengunjung Kawasan Keraton Kesultanan Banten dari berbagai daerah. Data Pemerintah Kota Serang menunjukkan kini pengunjung Kawasan Kerotan Kesultanan Banten dalam satu tahun bisa mencapai 6 juta orang. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini