Beranda Kesehatan Berbagai Manfaat Ampas Teh Bagi Kehidupan Sehari-hari

Berbagai Manfaat Ampas Teh Bagi Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Biasanya ampas teh yang telah diseduh langsung dibuang. Sebaiknya, ampas teh ini digunakan untuk sesuatu yang lebih berarti.

Ampas teh memiliki banyak manfaat dalam merawat properti maupun dalam merawat tubuh.

Berikut diantaranya, yang dilansir dari rakyatku.com.

1. Mengurangi debu beterbangan saat menyapu lantai

Debu yang berterbangan saat menyapu, cukup merepotkan. Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan ampas daun teh. Caranya, tiriskan ampas daun teh agar tidak terlalu banyak mengandung air, namun jangan sampai terlalu kering. Sebarkan ampas-ampas daun teh tersebut ke lantai yang akan disapu. Setelah menyebar dengan merata, mulailah menyapu. Debu-debu tidak akan berterbangan karena menempel pada ampas daun teh tersebut.

2. Menghilangkan bau kaki

Masukkan ampas daun teh ke dalam air hangat, lalu rendam kaki dalam air hangat tersebut selama 15 menit. Gosok-gosokkan ampas daun teh ke sela-sela jari kaki selama proses perendaman kaki. Setelah itu bilas kaki dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari secara teratur terutama bila bau kaki terasa sangat mengganggu.
Akan lebih baik bila teh yang digunakan adalah teh hitam, karena tanin yang terkandung dalam teh hitam dapat membasmi bakteri penyebab bau kaki.

3. Menyuburkan tanaman

Ampas daun teh sudah lama digunakan untuk menyuburkan tanaman. Cara penggunaannya mudah, sebarkan ampas daun teh di sekeliling akar tanaman. Sebaiknya ampas daun teh yang disebar itu juga dibenamkan ke dalam tanah agar lebih cepat terurai.

4. Membersihkan perangkat dan perabot yang terbuat dari kayu

Rendamlah ampas daun teh atau bila ingin lebih berkhasiat, langsung gunakan daun teh yang masih baru ke dalam air hangat sebanyak 1 liter. Air teh tersebut setelah dingin dapat langsung digunakan untuk membersihkan perabot kayu dengan cara membasahi kain lap, lalu peras sampai kainnya lembab dan seka perabotan kayu sampai bersih. Untuk mengepel lantai kayu pun bisa menggunakan air teh ini. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini