Beranda Uncategorized Pendidikan Politik Generasi Millenial Lewat Debat Pilpres

Pendidikan Politik Generasi Millenial Lewat Debat Pilpres

Suasana nobar debat di arena futsal Aweh, Kabupaten Lebak. (Foto : ist)

 

LEBAK – Kaum millenial nonton bersama (nobar) debat Pilpres 2019 fase kedua di Futsal Aweh, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (17/02/2019) malam.

Pada acara tersebut dihadiri oleh kaum milenial dan masyarakat  umum. Nonton bersama yang dilaksanakan oleh P19, Second House, dan BIGS merupakan salah satu mekanisme yang digagas untuk menciptakan kualitas demokrasi yang lebih berintegritas sesuai amanat konstitusi. Serta tentunya dapat memberikan pendidikan politik (politics education) kepada masyarakat secara menyeluruh agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pemilih.

Kegiatan Nobar ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya memilih pemimpin yang berkualitas, bicara sesuai data dan fakta dan tidak membuat isu-isu hoaks atau kampanye hitam.

Dalam kesempatan ini, Ahmad Daelami, selaku Direktur Eksekutif BIGS melihat bahwa kegiatan yang dilakukan ialah semata-mata untuk menciptakan iklim yang baik terhadap proses elektoral menuju demokrasi yang sesungguhnya. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan politik untuk masyarakat. Serta peran partai politik untuk memberikan pendidikan politik perlu ditingkatkan.

Direktur Eksekutif Kepemudaan dan Masyarakat BIGS, Imron Wasi ikut serta memberikan perspektifnya terhadap kegiatan nonton bersama yang telah dilakukan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat dan kaum milenial diharapkan mampu memahami proses elektoral yang baik, yang sesuai dengan konstitusi. Apalagi saat ini, beredar isu-isu hoaks. “Proses elektoral mesti menampilkan ide-ide, gagasan-gagasan, serta kebijakan yang mengedepankan kesejahteraan rakyat. Jangan sampai, proses elektoral hanya sebatas membahas isu-isu sensasional,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa
Indonesia membutuhkan pemimpin yang mempunyai rasa optimisme untuk membangun bangsa dan negara. Agar Indonesia mencapai tujuannya menjadi Indonesia maju. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini