Beranda Gaya Hidup Ini Kunci Sukses Meraih Kebahagiaan dalam Hidup

Ini Kunci Sukses Meraih Kebahagiaan dalam Hidup

Ilustrasi - foto istimewa popbela.com

Meraih kebahagiaan dalam hidup itu nggak semudah yang dibayangkan. Tapi bahagia akan mudah di dapatkan jika kamu selalu bersyukur dan menjalani hidup tanpa banyak menuntut.

Untuk bahagia, kamu nggak perlu bersikap muluk-muluk dengan mencari kebahagiaan duniawi yang berhubungan dengan materi. Karena kebahagiaan sebenarnya berdasarkan pada persepsi orang masing-masing.

Jika kamu sedang dilanda kebingungan dalam mencari kebahagiaan dalam hidupmu. Berikut ada lima hal yang harus kamu tahu mengenai arti kebahagiaan sebenarnya.

1. Kebahagiaan nggak melulu tentang uang

Banyak orang sekarang yang mengaitkan uang dengan kebahagiaan. Padahal sebenarnya memiliki uang berlimpah nggak mesti akan membuatmu bahagia. Menumpuk kekayaan sebanyak-banyaknya tidak bisa menjamin kebahagiaanmu. Jadi, mulai saat ini jangan pernah berpikir bahwa memiliki uang banyak bisa mendatangkan kebahagiaan. Kamu harus bisa mengubah perspektifmu tentang itu.

2. Memiliki barang mewah tidak menjamin kebahagiaanmu

Kita hidup di dunia di mana materi dianggap penentu kebahagiaan. Jika kamu dapat membeli barang-barang mewah ataupun dapat berlibur ke luar negeri. Orang akan beranggapan hidupmu sangat bahagia. Apalagi jika kamu selalu mengikuti tren baru dan berkumpul dengan sosialita. Yang kamu perlu tahu bahwa mereka yang kelihatannya bahagia dengan barang mewah yang dimiliki belum tentu memang mereka merasa seperti itu. Terkadang realita berbanding terbalik dengan apa yang mereka bagikan di dunia maya.

3. Wajah tampan dan cantik nggak menjamin kamu bahagia

Jika kamu beranggapan bahwa mereka yang memiliki tubuh dan wajah yang sempurna pasti bahagia dalam hidupnya, kamu salah besar. Mereka yang memiliki tubuh dan wajah bak model belum tentu bisa sebahagia kamu saat ini. Daripada selalu membanding-bandingkan dirimu dengan mereka. Cukup terima dirimu apa adanya dan kamu pasti akan mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya.

4. Belajarlah untuk memaafkan dan merelakan apa yang terjadi

Terkadang kita sulit untuk melupakan masa lalu yang menyakitkan. Kamu pun selalu merasa dihantui oleh bayang-bayang masa lalu buruk. Hal ini membuatmu sulit untuk move on dan berpaling menuju masa depan. Untuk meraih kebahagiaan, kamu juga harus bisa memaafkan kesalahan yang telah diperbuat oleh orang lain. Nggak peduli sesakit apa yang kamu rasakan setelah dikhianati sahabatmu sendiri, namun jika kamu telah memaafkannya, dirimu akan diliputi ketenangan. Jadi, mulai saat ini, belajarlah untuk memaafkan dan merelakan masa lalumu.

5. Belajarlah mesyukuri apa yang kamu punya saat ini

Perlu kamu tahu, diluar sana banyak sekali orang yang berada di bawah kita. Mereka yang harus membanting tulang demi sesuap nasi atau mereka yang tidak seberuntung kita dalam mengenyam pendidikan. Tapi kamu malah merasa hidupmu selalu kurang. Kamu kurang menghargai apa yang kamu miliki saat ini.

Entah orang tua yang sangat menyayangimu ataupun teman-teman yang selalu ada untukmu. Terkadang, kamu sering menyepelekan keberadaan mereka. Kenyataannya, mereka semua adalah harta terindah yang kamu miliki. So, jangan lupa untuk mensyukuri apa yang kamu miliki saat ini.

Dengan mengetahui kunci kebahagiaan hidup yang sesungguhnya, semoga kamu bisa lebih mensyukuri hidup dan berlatih untuk selalu melihat dari sisi positifnya. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini