Beranda Pendidikan Cegah Paparan Covid-19, Dindikbud Banten Minta Sekolah Perketat Prokes Selama PTM

Cegah Paparan Covid-19, Dindikbud Banten Minta Sekolah Perketat Prokes Selama PTM

Siswa mengenakan masker saat di sekolah - foto istimewa tempo.co

SERANG – Dinas Pendidikan dan Kebudyaan (Dindikbud) Provinsi Banten meminta setiap sekolah baik SMA, SMK dan SKh untuk memperketat disiplin protokol kesehatan (Prokes) selama pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Hal itu sebagai upaya mencegah adanya siswa dan siswi terpapar Covid-19.

Kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani menegaskan, pihaknya tidak segan menghentikan PTM jika ditemukan ada siswa atau siswi terpapar Covid-19.

“Kalau di salah satu sekolah ditemukan ada kasus (Covid-19), kemudian terdeteksi terpapar, maka untuk sementara PTM kita hentikan sampai ada evaluasi lagi. Jadi hanya di sekolah itu saja (PTM dihentikan),” kata Tabrani, Senin (6/9/2021).

Begitupun untuk mata pelajaran yang diberikan kepada siswa selama PTM, Tabrani mengatakan, mata pelajaran yang akan didapatkan siswa merupakan pelajaran esensial. Sedangkan untuk mata pelajaran pendidikan jasmani masih belum diperbolehkan.

“Yang esensial kita dahulukan. Kalau di SMK yang utama itu pelajaran produktif dan adaptif, dan kalau masih ada waktu lagi itu normatif,” katanya.

Diketahui, seluruh SMA, SMK dan SKh baik negeri maupun swasta hari ini sudah melakukan PTM terbatas. Dimana jumlah siswa yang mengikuti PTM diatur sebanyak 50 persen dari kapasitas sekolah.

“Untuk teknis pengaturan kita serahkan ke sekolah. Apakah kelas 10 dua hari PTM, kelas 11 dua hari PTM dan kelas 12 dua hari PTM. Atau bisa juga kelas 12 satu minggu, dan itu semua kita serahkan ke sekolah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Tabrani mengaku, telah menginstruksikan kepada kepala sekolah SMA, SMK dan SKh negeri untuk melakukam evaluasi setiap hari.

“Nanti hasil itu mereka laporkan ke dinas melalui KCD (Kantor Cabang Dinas, red). Kalau ngga ada kasus apakah perlu kita tingkatkan kapasitas menjadi 60 persen,” ujarnya.

(Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini