Beranda Peristiwa 84 Warga Carita Alami Diare Massal, Diduga Akibat Keracunan Makanan

84 Warga Carita Alami Diare Massal, Diduga Akibat Keracunan Makanan

Warga menjalani perawatan di Puskesmas Carita. (Memed/bantennews.co.id)

 

PANDEGLANG – Sebanyak 84 warga Kecamatan Carita mengalami diare massal. Diduga puluhan warga itu keracunan makanan usai menghadiri acara khitanan di salah satu rumah warga yang berada di Kampung Cangkara, Desa Sukajadi, Kecamatan Carita pada Jumat (7/8/2020) kemarin.

Awalnya, pada Sabtu (8/8/2020) sekitar pukul 05.30 WIB pasien pertama datang ke UGD Puskesmas Carita dari Kampung Cangkara dengan keluhan muntah, diare, demam, dan pusing.

Selanjutnya pada pukul 20.30 datang kembali pasien Cangkara, disusul warga dari Desa Cinoyong, warga Desa Sukajadi dan warga Desa Janaka dengan keluhan rata-rata diare, pusing, sakit perut, muntah dan demam.

Saat dikonfirmasi prihal kejadian itu, Kapolsek Carita, Iptu Pipih Iwan membenarkannya. Kata dia, dari 84 warga yang sempat dirawat saat ini hanya tinggal 19 orang lagi yang belum diperbolehkan untuk pulang.

“Jam 12 malam tadi itu 14 orang masih dirawat di Puskesmas Carita dan 5 orang lagi dirawat di RSUD Berkah Pandeglang. Nanti agak siangan saya kontrol lagi sekalian patroli,” katanya saat dihubungi Bantennews.co.id, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, dugaan sementara kejadian itu diakibatkan keracunan makanan namun hal itu belum bisa dipastikan karena sampel makanan yang dibawa ke Lab Kesda Banten belum diketahui hasilnya.

“Benar itu undangannya hari Jumat nya. Bukan undangan tapi abis ngeriung selamatan khitanan. (Gejalanya) kebanyakan diare, mual itu aja. Alhamdulilah yang pulang itu dikatakan sudah baik. Sampel makanannya sudah dibawa ke Lab Kesda tapi hasilnya belum keluar,” jelasnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini