Beranda Kesehatan Cuci Tangan Jadi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi

Cuci Tangan Jadi Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi

411
0
Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Kebiasaan mencuci tangan kini menjadi salah satu kebiasaan baru yang dilakukan oleh Setia Ramadani, salah satu pengajar di SMP Kota Serang, Banten. Jika dulu, kebiasaan mencuci tangan kerap ditinggalkan, kini ada perasaan tak nyaman jika usai beraktivitas tak mencuci tangan dengan sabun.

“Kayaknya ada yang hilang aja. Mungkin karena sudah terbiasa cuci tangan, atau setidaknya menggunakan hand sanitizer sekarang jadi terbawa jadi habit (kebiasaan) gitu,” kata pria yang akrab disapa Dani ketika berbincang dengan Bantennews.co.id, Senin (12/10/2020).

Dani mengatakan, kebiasaan lain yang kini sulit ia tinggalkan adalah memakai masker jika beraktivitas di luar rumah. “Sama juga, kalau nggak pakai masker, saya balik rumah lagi ambil masker. Apalagi sekarang kan sering ada razia yang tidak pakai masker kena sanksi sosial. Makanya lebih tenang pakai masker sekalian untuk aman dari virus Corona,” tambahnya.





Kebiasaan lain yakni menghindari kerumunan dan berusaha sebisa mungkin untuk menjaga jarak aman. “Kita kan nggak pernah tahu orang di sekitar kita apakah yang sedang sehat atau sakit makanya untuk amannya Saya biasanya menjaga jarak dengan orang yang baru saya kenal,” ujar Dani.

Program 3M yakni mencuci tangan dengan sabun memakai masker ketika berada di luar rumah dan menjaga jarak menurut Dani sudah sangat pas untuk diterapkan. “sebenarnya sangat gampang untuk diterapkan cuma yang sulit adalah konsisten menerapkan 3M,” ujar Dani. (You/Red/SG)