Beranda Hukum 78 Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dapat Remisi

78 Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dapat Remisi

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menyerahkan dokumen remisi kepada warga binaan. (Ali/bantennews)

LEBAK – Sebanyak 78 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menjalani masa pidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Rangkasbitung mendapat pengurangan masa pidana atau remisi. Remisi ini secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi didampingi Plh Kepala Rutan Rangkasbitung dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Lebak, usai upacara peringatan Hari Proklamasi di Alun-alun Rangkasbitung, Jumat (17/8/2018).

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi berharap agar napi yang mendapatkan remisi dapat termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. “Semoga berkah dan tindak mengulangi tindak pidana lagi terutama yang tadi bebas 6 orang, dan yang belum bebas bisa termotivasi mengikuti pembinaan dengan baik di Rutan,” ujarnya.

Plh Kepala Rutan Rangkasbitung, Adi Santo mengatakan Rutan Rangkasbitung memiliki kapasitas daya hunian sebanyak 100 orang dan saat ini dihuni oleh 232 orang, dimana 135 merupakan tahanan dan 97 orang merupakan narapidana.

“Dari 97 orang narapidana yang memenuhi syarat, kami usulkan hanya 78 orang saja,” kata Adi Santo

Menurutnya, 18 narapidana lainnya belum bisa mendapatkan remisi karena belum memenuhi persyaratan. “Melalui mekanisme Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan diputuskan layak atau tidaknya diusulkan dan untuk bisa diusulkan mendapatkan remisi harus sudah memenuhi syarat administratif dan substantif seperti minimal sudah menjalani masa pidana 6 bulan, memiliki skor penilaian evaluasi pembinaan kategori cukup baik dan lainnya,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Dede Ukmartalaksana. Ia menyatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan 78 narapidana yang lolos syarat administratif dan substanstif. “Insya Allah dari 78 tersebut yang langsung bebas tadi ada 6 orang,” ujarnya. (Tra/Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini