Beranda Nasional Ratusan Ribu UMKM di Banten Diusulkan Dapat Bantuan

Ratusan Ribu UMKM di Banten Diusulkan Dapat Bantuan

Ilustrasi anggaran penanganan wabah virus Corona. (google.com)

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Banten mengusulkan 119.862 pelaku UMKM di Banten untuk mendapatkan bantuan produktif usaha mikro (BPUM) dari Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Tabrani mengatakan, berdasarkan data yang diterima pada 31 Agustus 2020 kemarin, terdapat 119.862 pelaku UMKM yang diusulkan mendapatkan BPUM sebesar Rp2,4 juta. Bantuan itu sendiri diberikan oleh pusat dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi pelaku usaha di Banten.

“Ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional pada masa pandemi Covid-19,” kata Tabrani saat dihubungi, Jumat (4/9/2020).

Dijelaskan Tabrani, dalam BPUM ini, pihaknya hanya berperan sebagai koordinator. Sedangkan, yang mendaftarkan adalah Dinas UMKM kabupaten/kota.

“Kita hanya tim pokja (kelompok kerja) yang mengkoordinir usulan data dari masing-masing kabupaten/kota. Sedangkan untuk yang mendaftarkan dan menginput data tetap dilakukan dinas terkait di delapan kabupaten/kota,” jelasnya.

Tabrani mengungkapkan bahwa data penerima bantuan kemungkinan akan terus bertambah hingga pertengahan September ini.

“Karena saat ini dinas terkait di kabupaten/kota masih menginput data pelaku UMKM yang masih produktif di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Diketahui, bantuan sebesar Rp2,4 juta itu akan disalurkan secara tunai melalui rekening pelaku usaha melalui lembaga perbankan pemerintah yang sudah diverifikasi melalui kementerian terkait.

Adapun jumlah penerima BPUM per kabupaten/kota adalaha sebagai berikut, Kota Cilegon sebanyak 3.692 UMKM, Kota Serang sebanyak 9.906 UMKM, Kota Tangerang sebanyak 65.559 UMKM, Kota Tangerang Selatan sebanyak 14.283 UMKM. Kabupaten Serang sebanyak 935 UMKM, Kabupaten Tangerang sebanyak 1.057 UMKM, Kabupaten Pandeglang sebanyak 12.695 UMKM dan Kabupaten Lebak sebanyak 11.735 UMKM.(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini