Beranda Kesehatan 72.430 Vaksin Sinovac dari China untuk Banten Dijadwalkan Datang Akhir Januari

72.430 Vaksin Sinovac dari China untuk Banten Dijadwalkan Datang Akhir Januari

Vaksin Sinovac buatan China - foto istimewa Medcom.id

SERANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan kedatangan vaksin Sinovac Covid-19 untuk tahap 1 termin ke-2 dijadwalkan akan datang pada akhir Januari 2021.

Diketahui, pada tahap pertama termin ke-1 , Provinsi Banten menerima 14.560 vaksin. Pada tahap pertama termin ke-2, Banten akan menerima 72.430 vaksin.

“Kedatangan (vaksin) tahap 1 termin 2 rencananya di akhir Januari (ini),” kata Ati.

Dengan datangnya puluhan ribu vaksin asal China tersebut, lanjut Ati, pelaksanaan vaksinasi di enam kabupaten/kota pada awal Februari sudah dapat dilaksanakan. “Kira-kira pelaksanaan vaksin di enam kabupaten/kota awal Februari,” katanya.

Dari 14.560 vaksin  yang datang pada termin ke-1, 3.380 vaksin sudah disitrbusikan ke Kota Serang dan Kota Tangerang Selatan sebanyak 8.920 vaksin. Sedangkan, 2.000-an vaksin masih disimpan di gudang Farmasi milik Dinkes Provinsi Banten.

Terkait sisa vaksin yang belum didistrbusikan, Ati mengaku, vaksin itu digunakan sebagai buffer stock.

“Ada sisa vaksin yang belum didistrbusikan. Dan sesuai arahan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) dijadikan stock di Gudang Farmasi. Dan itu digunakan jika ada tenaga kesehatan (nakes) yang brlum terdaftar dan belum mendapatkan vaksinasi. Jadi buat buffer stock,” ujarnya.

(Mir/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini