Beranda Kesehatan 7 Warga Desa Kerta Lebak Terjangkiti DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

7 Warga Desa Kerta Lebak Terjangkiti DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Ilustrasi - foto istimewa merdeka.com

LEBAK – Kepala Desa Kerta Ricki Zaenal Abidin menyampaikan 7 warganya terjangkit demam berdarah atau DBD. Satu diantaranya meninggal dunia di Rumah Sakit Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

“Benar, warga yang terjangkit DBD ada sekitar 7 orang dan 1 diantaranya meninggal dunia,” kata Ricki saat dihubungi BantenNews, Minggu (11/6/2023).

Ia menjelaskan, penyebab kasus DBD ini ialah karena memasuki musim pancaroba atau peralihan musim atau memasuki musim hujan. Yang mengakibatkan tingginya curah hujan saat ini mempengaruhi peningkatan kasus DBD. Genangan air timbul setelah hujan berpotensi jadi sarang nyamuk berkembangbiak.

“Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk melakukan foging dan membersihkan lingkungan sekitar.

“Kita sudah lakukan foging dan melakukan kerja bakti berupa membersihkan saluran air, menguras penampungan air dan membakar sampah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bojongjuruh TB Parid Yani menuturkan bahwa foging sudah dilaksanakan pada tanggal16 Mei 2023 sejauh radius 100 meter dari awal DBD di pemukiman komplek masjid, Desa Kerta, setelah difoging bertambah 3 orang, 1 positif dan 2 suspeck.

“Kami pihak Puskesmas Bojongjuruh sudah melaporkan kasus DBD ini ke Dinkes Kabupaten Lebak,” ujarnya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini