Beranda Gaya Hidup 7 Skill Komputer yang Harus Kamu Miliki di Era Sekarang!

7 Skill Komputer yang Harus Kamu Miliki di Era Sekarang!

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Perkembangan teknologi telah mengambil alih dunia dan orang yang masih gagap teknologi perlahan-lahan akan dengan mudah tergantikan oleh mesin. Orang dan bisnis semakin bergantung pada dunia teknologi akhir-akhir ini.

Akibatnya, orang-orang dengan pengetahuan komputer yang baik menjadi sangat dibutuhkan terutama oleh perusahaan besar. Terutama untuk kamu yang masih mencari kerja, di waktu luangmu coba pelajari 7 skill komputer ini agar wawancaramu selanjutnya bisa bikin takjub. Berikut seperti dikutip dari IDN Times.

1. Skill mengetik

Untuk nomor satu ini sudah tidak bisa ditawar lagi. Komputer merupakan salah satu alat yang pasti ada di dalam perusahaan. Bagaimana kamu mau bekerja kalau mengetik saja belum lancar?

Bukan hanya sekedar mengetik, kamu juga harus meningkatkan kecepatan mengetikmu baik itu bahasa Indonesia juga bahasa Inggris. Kemampuan mengetik cepat ini dibutuhkan agar kamu bisa menyelesaikan tugas yang diberikan atasanmu dengan deadline sangat mepet tanpa kesulitan. Membuat proposal dalam 2 jam? Tidak masalah!

2. Spreadsheets dan Databases

Mulai dari menyimpan data hingga mengaturnya, menerapkan rumus matematika kompleks dan membuat makro kompleks, kamu harus ahli dalam segalanya. Untuk memulai mempelajari skill ini, kamu bisa mulai dengan menguasai Microsoft Excel. Setelah itu, masih banyak program lagi yang bisa kamu pelajari seperti Microsoft Access, Adobe Campaign dan lain-lain.

3. Media sosial, email dan blogging

Meskipun orang-orang sekarang aktif secara sosial, namun tidak semua orang tahu bagaimana menggunakan media sosial di ranah profesional. Karena itulah memiliki keahlian dalam menulis email yang menarik namun profesional, menulis blog dan mengelola aktivitas media sosial adalah salah satu kemampuan yang akan menjadi tiketmu masuk ke perusahaan besar.

4. Desain grafis dan pengolahan kata

Memiliki ide-ide menarik namun tidak memiliki kemampuan untuk mempresentasikannya? Sayang sekali! Untuk itulah disini kamu memerlukan kemampuan desain grafis dan mengolah kata-kata.

Desain grafis diperlukan untuk memvisualisasikan ide-idemu dan olah menjadi sebuah proposal yang cantik dengan kata-kata yang sudah disusun dengan indah serta rapi. Tidak ada salahnya untuk sedikit belajar program-program seperti Adobe Photoshop, Adobe InDesign ataupun Adobe Illustrator.

5. Software and Hardware Design dan Development

Dibanding poin-poin sebelumnya, mulai poin lima ke atas ini berisi kemampuan yang akan membuatmu memiliki poin plus saat mencari pekerjaan. Bahasa simpelnya, kamu harus belajar coding.

Coding memang bukanlah suatu kemampuan yang harus dimiliki di setiap bidang pekerjaan tapi saat kamu memiliki kemampuan ini, kamu terbuka ke lebih banyak pintu lowongan saat ingin melamar. Kamu bisa mulai dengan belajar HTML, C/C++, Java dan Phyton.

6. IT Troubleshooting

Banyak orang yang mungkin ahli saat menggunakan program-program di komputer, namun sekali program tersebut nge-freeze langsung bingung apa yang harus dilakukan dan tidak tahu salahnya dimana. Kalau kamu punya kemampuan ini, setidaknya kamu bisa merawat PCmu secara rutin sehingga bisa terus digunakan dengan maksimal.

Mau paham lebih dalam lagi? Pelajari anatomi dari komputer dan mesin-mesin di dalamnya. Serius deh, seru banget kok sebenarnya.

7. Sistem perusahaan

Banyak perusahaan memiliki enterprise system mereka sendiri seperti misalnya PeopleSoft dan digunakan untuk mengelola data serta operasi mereka. Memiliki kemampuan di bidang ini bisa membukakanmu pintu ke banyak lowongan, yang tidak bisa dimasuki oleh pelamar lain.

Daripada bingung waktu luangmu mau dipakai untuk apa, lebih baik asah skill komputermu deh. Lama-lama, bukan kamu yang mencari perusahaan untuk dilamar tapi perusahaan yang akan cari kamu. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini