Beranda Nasional 7 Eks Kapolri Sambangi Datangi Mabes Polri, Ada Apa?

7 Eks Kapolri Sambangi Datangi Mabes Polri, Ada Apa?

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, umumkan tersangka Tragedi Kanjuruhan. (Dok. Polri)

JAKARTA – Sebanyak tujuh eks Kapolri menyambangi Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Kamis (27/10/2022). Kedatangan mereka untuk memberi dukungan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lantaran saat ini institusi Polri sedang diterjang berbagai isu yang menurunkan kepercayaan publik.

Salah satu eks Kapolri yang datang, yakni Jenderal (Purn) Da’i Bactiar. Kapolri ke-17 itu mengingatkan Listyo Sigit agar mampu memperbaiki kinerja Polri terkait keluhan masyarakat. Baik dari segi pelayanan publik maupun kehadiran anggota polisi secara fisik di masyarakat.

“Tidak menghakimi tidak menggurui, kami justru memberikan dukungan moril,” kata Da’i Bachtiar kepada wartawan di Mabes Polri, Kamis (27/10/2022).

Da’i Bachtiar berharap Kapolri Listyo Sigit bisa membuat program jangka panjang dan pendek untuk tujuan itu yang dapat dimulai dari perbaikan Standar Operational Procedure (SOP).

“Jangka pendeknya perbaiki dulu SOP yang sudah ada,” ujarnya.

Bachtiar menyebut rencana berjangka tersebut bukan merupakan dari bagian reformasi Polri. Lantaran reformasi di tubuh Polri telah ada sejak Korp Bhayangkara berpisah dengan TNI.

Bachtiar juga mengingatkan, Polri harus memiliki gaya hidup yang merakyat. Polri harus menyesuaikan diri dengan masyarakat.

“Jangan sampai kita berada di depan masyarakat, tapi kita tampil berbeda. Itu sudah saya sampaikan,” ucap Bachtiar.

Sementara itu, Kapolri ke-19 Jenderal Pol (Purn) Bambang Hendarso Danuri mengatakan, angka kepercayaan masyarakat kepada Polri saat ini sedang merosot.

Namun, ia yakin kepercayaan tersebut akan membaik lagi.

“Kecintaan masyarakat pada Polri pada waktunya akan timbul kembali,” ujar Hendarso.

Hendarso juga berharap, Listyo Sigit dapat menjalankan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi arahan dan kebijakan bapak Presiden dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Sebagai informasi, 7 kapolri yang menyambangi Mabes Polri yakni Kapolri ke-14 Jenderal (Purn) Roesmanhadi, Pjs de facto Kapolri atau pejabat sementara Kapolri, Chairuddin Ismail, menggantikan Jenderal Suroyo Bimantoro.

Kemudian Jenderal (Purn) Da’i Bachtiar sebagai Kapolri ke-17, Jenderal (Purn) Sutanto selaku Kapolri ke-18, Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri sebagai Kapolri ke-19.

Lalu Jenderal (Purn) Timur Pradopo sebagai Kapolri ke-20, dan Jenderal (Purn) Badrodin Haiti sebagai Kapolri ke-22. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini