Beranda Kesehatan 7 Bulan Vakum, Kegiatan Posyandu Kota Tangerang Kembali Digelar

7 Bulan Vakum, Kegiatan Posyandu Kota Tangerang Kembali Digelar

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Pandemi Covid-19 memengaruhi kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang, tak terkecuali layanan pemantauan kesehatan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kota Tangerang hingga terpaksa harus ditutup. Namun, beberapa kegiatan imunisasi tetap digelar melalui kerja sama dengan petugas kesehatan atau bidan.

Ditengah sudah PPKM pelonggaran, capaian vaksinasi yang kian tinggi, terlebih menyadari pentingnya pemantauan perkembangan balita. Puskesmas di Kota Tangerang sudah kembali membuka pelayanan Posyandu, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Salah satunya, Puskesmas Cikokol yang baru saja membuka layanan di Posyandu setelah tutup sejak April lalu.

Kepala Puskesmas Cikokol, dr Achmad R Miftah mengungkapkan Posyandu memberikan layanan penimbangan berat badan bayi, pemantauan tumbuh kembang bayi, imunisasi hingga penyuluhan kesehatan.

“Semua kita lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari cuci tangan sebelum masuk Posyandu, cek suhu, pembatasan kapasitas hingga selalu berjaga jarak,” ungkap dr Achmad, di Melati Bona, Cikokol, Selasa (19/10/2021).

Dia menuturkan, Posyandu cukup penting untuk melakukan pemantauan kesehatan dan tumbuh kembang bayi dan balita, ibu hamil serta ibu menyusui terlebih saat ini masih ditengah pandemi Covid-19.

“Jangan sampai, covid-19 terkendalikan, vaksinasi tertangani. Tapi, kita lengah dengan pelayanan kesehatan lainnya. Alhamdulillah sekarang sudah kembali dibuka, jadi kembali perkuat layanan kesehatan keluarga. Khususnya bayi dan balita, serta ibu hamil dan menyusui,” jelasnya melalui keterangan tertulis.

Sebagai informasi, ditengah pandemi covid-19 yang kian terkendali. Layanan kesehatan di 38 Puskesmas di Kota Tangerang saat ini perlahan sudah kembali normal. Mulai dari layanan di puskesmas, lingkungan pemukiman, hingga kesehatan di rumah-rumah.

(Man/Red)