Beranda Bisnis 500 Hektare Lahan di Cikande Bakal Dibangun Industri Halal

500 Hektare Lahan di Cikande Bakal Dibangun Industri Halal

378
0
Ilustrasi - foto istimewa industry.co.id

SERANG – Pemerintah pusat berencana membangun Kawasan industri halal di Kawasan Cikande, Kabupaten Serang. Lokasinya yang disiapkan di kawasan industri Modern Cikande Industrial Estate.

Pihak pengelola kawasan industri Modern Cikande, PT Modern Industrial Estate akan menyiapkan lahan tersebut seluas 500 hektare (ha).

Direktur Utama Modern Industrial Estat, Pascall Wilson menjelaskan lahan seluas 500 ha akan digarap dalam 3 tahap. Dia menargetkan pada 2020 kawasan industri halal ini siap digunakan.

“Nanti ada tiga fase yang pertama 150 hektare, lalu 150 hektare lagi, terakhir 200 hektare. 2020 serah terimanya, nanti baru ada investor masuk,” ungkap Pascall, Selasa (23/4/2019).

Untuk mengembangkan kawasan tersebut, Pascall mengatakan pihaknya telah mengucurkan dana awal senilai Rp 500 miliar.

“investasi ya keluar dari modernland sendiri, sudah ada rp 500 m, sebagai modal awal kembangkan modern halal valley. itu tahap awal untuk bebaskan tanah dan bikin infrastrukturnya, ya standar industri,” terang Pascall dikutip dari detik.com.

Sebelumnya, Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Ignatius Warsito memproyeksikan setidaknya ada empat sektor yang kemungkinan mengisi kawasan khusus industri halal ini.

“Sudah siap, (industrinya) ya itu kan bertahap ada sektor mamin (makanan dan minuman), fashion, kosmetik terus produk farmasi. Itu bertahap sesuai dengan industri yang mau ikut, saya yakin sih mereka mau ikut banyak,” kata Ignatius. (Red)