Beranda Pemerintahan 50 Kampung Iklim di Kota Tangerang Dibentuk

50 Kampung Iklim di Kota Tangerang Dibentuk

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat meresmikan Kampung Iklim di Benua Indah Kelurahan Pabuaran, Kota Tangerang, Minggu (24/2/2019). Foto istimewa medcom.id

TANGERANG – Pemkot Tangerang meresmikan Kampung Iklim yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Kampung Iklim tersebut merupakan pengembangan dari kampung perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Ini bertujuan untuk membentuk perilaku sikap dan mental masyarakat yang lebih baik serta menciptakan lingkungan yang lebih siap dalam menghadapi perubahan iklim,” ujar Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat meresmikan Kampung Iklim di Benua Indah Kelurahan Pabuaran, Kota Tangerang, Minggu (24/2/2019).

Sachrudin berharap dengan adanya program Pemkot Tangerang yang akan membentuk 50 kampung iklim ini bisa memotivasi wilayah lain di Kota Tangerang untuk membentuk kampung-kampung iklim baru.

“Manfaatkan potensi yang ada para camat dan lurah di wilayahnya masing-masing, karena pada hakikatnya setiap wilayah itu mempunyai potensi yang berbeda-beda untuk bisa kita gali dan manfaatkan. Target kita 50 kampung di 13 kecamatan. Nantinya 50 kampung ini diharapkan bisa mengedukasi kampung-kampung yang lain,” jelas Sachrudin dilansir medcom.id.

Sebagai informasi, Kampung Benua Hijau yang dulunya dikenal dengan Kampung Iklim Benua Indah merupakan Kampung Iklim percontohan tingkat Nasional pada tahun 2018.

Kampung iklim berfungsi untuk membuat lingkungan bersih, nyaman, hijau, dan bebas banjir. Ada tiga komponen dalam kampung iklim, yakni mitigasi, adaptasi, dan kelompok masyarakat yang mendapat dukungan berkelanjutan.

Pemkot Tangerang telah membuat 11 program kegiatan di dalamnya, yakni urban farming, penghijauan, penghematan energi, sumur resapan, biopori, penataan lingkungan, pengolahan air limbah, bank sampah, pengurangan sampah di sumber, komposting, dan tanaman obat keluarga. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini