Beranda Peristiwa 5 Orang Tewas Akibat Banjir Bandang Lebak

5 Orang Tewas Akibat Banjir Bandang Lebak

Banjir Bandang di Kabupaten Lebak - foto istimewa

LEBAK – Banjir bandang di Kabupaten Lebak menimbulkan korban jiwa. Dikabarkan sebanyak 5 warga tewas akibat bencana banjir bandang di wilayah sebagian besar Kecamatan Cipanas dan Lebak Gedong tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, mencatat ada 5 orang tewas karena banjir bandang. Dimana dua korban di antaranya masih dalam pencarian.

“Korban jiwa pertama dari Kecamatan Lebak Gedong 5 orang meninggal, tiga dievakuasi, dua masih hilang,” kata Kepala BPBD Lebak Kaprawi kepada wartawan di Rangkasbitung, Rabu (1/1/2020) seperti dikutip dari detik.com.

Masyarakat di Lebak Gedong sendiri, kata Kaprawi, masih melakukan pencarian pada korban lain. Pencarian juga dilakukan oleh tim gabungan Basarnas, BPBD, TNI dan Polri.

Petugas masih melakukan pencarian di lokasi paling parah terdampak banjir. Identitas kedua orang yang hilang yaitu Arsan (50) dan Rizki (80).

Dia melanjutkan, banjir bandang mengakibatkan 6 kecamatan terdampak yaitu Sajira, Cipanas, Lebak Gedong, Curugbitung, Maja dan Cimarga. Ada 17 desa terdampak dengan 30 titik.

Tercatat 135 rumah rusak berat dan 185 rusak ringan. Banjir bandang merendam 1.747 rumah warga. Selain itu, banjir akibat luapan Sungai Ciberang merusak jembatan dan jalan.

Jalan sepanjang 40 meter di Cipanas ambrol dan tidak bisa dilalui pengendara. Sementara total jembatan rusak tercatat ada 14, di antaranya dua jembatan permanen di daerah Sajira dan Lebak Gedong, sisanya merupakan jembatan gantung.

BPBD juga mendirikan posko pengungsian untuk menampung korban jiwa. Data sementara ada 427 kepala keluarga (KK) yang mengungsi di gedung PGRI Kecamatan Sajira.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini