Beranda Kesehatan 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal

5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal

Ilustrasi - foto istimewa klikdokter.com

Ginjal merupakan salah satu organ penting untuk mendukung aktivitas tubuh. Menjaga kesehatan ginjal untuk tetap baik dibutuhkan pola hidup yang benar.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa berdampak negatif pada kinerja ginjal dalam tubuh. Yuk simak ulasan terkait kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal dilansir dari berbagai sumber:

1. Kurang Konsumsi Air Putih

Air putih berfungi untuk memperlancar pencernaan serta mengeluarkan zat berbahaya melalui urine. Tubuh manusia, normalnya membutuhkan sekitar 1.5–2 liter air per hari untuk memenuhi kadar kebutuhan cairan. Kurang minum air putih bisa mengganggu kerja ginjal untuk mengeluarkan zat sisa yang berpotensi menjadi penyakit.

2. Kurang Tidur 

Kebiasaan bergadang tidak hanya dapat mempengaruhi kestabilan emosi seseorang, namun hal ini juga bisa menimbulkan penyakit-penyakit lain di kemudian hari dan mengganggu kinerja organ tubuh salah satunya ginjal.

Waktu tidur ideal untuk kelompok usia berbeda-beda dan waktu tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah sekitar 7–9 jam.

Kondisi ginjal bergantung pada siklus tidur yang baik. Jika kurang tidur, maka kerja ginjal akan berantakan dan fungsinya menurun.

3. Kebiasaan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa berdampak negatif pada kesehatan. Kandungan alkohol yang masuk dalam tubuh juga dapat berpengaruh kepada hormon yang mendukung kinerj ginjal untuk menyaring darah.

Minum alkohol secara berlebihan juga dapat memicu stres oksidatif yang kemudian bisa menyebabkan sel ginjal rusak.

4. Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil tidak hanya dapat menyebabkan penyakit infeksi kandung kemih. Namun kebiasaan ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Ketika seseorang sering menunda untuk buang air kecil, urine yang seharusnya dikeluarkan justru tertahan di kandung kemih dan bakteri pun bisa tumbuh serta menyebar hingga terjadi infeksi ginjal.

Bagi seseorang yang sudah memiliki masalah ginjal sebelumnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan gagal ginjal.

5. Keseringan Konsumsi Makanan Cepat Saji

Selain bisa menimbulkan obesitas pada tubuh, makanan cepat saji atau yang dikenal fast food bisa memicu penyakit pada ginjal.

Fast food mengandung banyak fosfor, yaitu zat mineral yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kendati demikian, mengonsumsinya secara berlebihan malah dapat mempersulit kerja ginjal untuk mencernanya. Penumpukan fosfor atau hiperfosfatemia bisa menimbulkan penyakit seperti gagal ginjal kronis, diabetes, dan penurunan fungsi tulang.

Batas jumlah fosfor yang masuk ke dalam tubuh dianjurkan tidak lebih dari 700 mg per hari.

5 hal di atas adalah kebiasaan yang bisa merusak kesehatan ginjal. Jika sobat BantenNews.co.id mengalami masalah kesehatan seputar ginjal, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk memastikan diagnosis. (Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini