Beranda Kesehatan 5 Efek Mengerikan di Balik Lezatnya Buah Durian

5 Efek Mengerikan di Balik Lezatnya Buah Durian

800
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Buah durian menjadi buah yang favorit bagi banyak orang. Kedahsyatan rasa yang dimiliki buah dengan julukan ‘King of Fruit’ ini, mampu membuat orang ketagihan untuk terus mengonsumsinya.

Meski memiliki rasa yang lezat serta kaya akan mineral dan juga vitamin, buah ini juga memiliki beberapa fakta yang mengerikan lho di balik kelezatan rasanya. Penasaran ‘kan apa saja fakta mengerikan tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Meningkatkan kadar gula darah

Buah durian mengandung glukosa yang cukup tinggi dan tentunya akan berbahaya jika kamu mengonsumsinya dengan berlebihan, mengapa? Karena kandungan glukosa yang cukup tinggi pada durian membuat kadar gula darah naik. Jika kamu mengonsumsi dengan jumlah yang banyak akan memicu peningkatan glukosa yang cukup signifikan pada tubuh kamu. Hal ini tentunya akan membuat kamu beresiko terkena diabetes.

2. Gangguan saluran pencernaan

Terlalu banyak mengonsumsi durian juga bisa lho menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, mengapa? Karena buah durian mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Hal ini akan menyebabkan perut menjadi mudah kembung serta bersendawa bagi orang yang sensitif.

3. Memicu kolestrol

Buah musiman dengan rasa yang manis dan lezat ini memiliki kadar kolestrol yang cukup tinggi. Sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, mengapa? Karena jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak akan meningkatkan kadar kolestrol dan asam lambung, hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu membuat kamu beresiko terkena kolestrol.

4. Memicu obesitas

Buah yang kaya akan vitamin dan juga mineral ini, juga bisa lho membuat kamu beresiko terkena obesitas jika mengonsumsinya secara berlebihan, mengapa? Karena durian mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi.

Jika kamu mengonsumsi dengan jumlah yang banyak akan membuat asupan kalori pada tubuh kamu menjadi berlebih dan membuat berat badan akan meningkat secara signifikan. Hal tersebut tentunya bisa membuat kamu beresiko terkena obesitas.

5. Berbahaya bagi penderita hipertensi dan gagal jantung

Mengonsumsi buah durian dengan jumlah yang berlebih sangat berbahaya bagi penderita hipertensi dan gagal jantung lho, mengapa? Karena kandungan alkohol yang tinggi pada durian bisa meningkatkan tekanan darah yang nantinya akan berbahaya bagi penderita hipertensi.

Tekanan darah yang tinggi ini juga berbahaya bagi jantung, mengapa? karena tekanan darah yang tinggi bisa memicu meningkatnya detak jantung sehingga bisa memicu gangguan pada jantung. (Red)

Sumber : IDN Times