Beranda Kesehatan 5 Buah Kering Kaya Vitamin D Untuk Tulang Lebih Kuat

5 Buah Kering Kaya Vitamin D Untuk Tulang Lebih Kuat

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

SERANG – Tubuh manusia membutuhkan vitamin D yang cukup. Vitamin ini larut dalam lemak dan sangat penting untuk fungsi fisiologis vital seperti menjaga kesehatan tulang, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam tubuh.

Menurut National Healthy Service (NHS)n, orang dewasa, termasuk wanita hamil dan menyusui, serta anak-anak mulai usia 1 tahun membutuhkan 10 mikrogram vitamin D dalam sehari.

Terdapat beberapa alasannya mengapa manusia membutuhkan vitamin D yang cukup per harinya. Hal itu diungkapkan oleh Ahli Gizi Preeti Nagar yang dikutip melalui Health Shots.

1. Kesehatan tulang

Vitamin D memfasilitasi penyerapan kalsium. Ini membantu mendapatkan tulang yang kuat dan sehat.

2. Dukungan sistem kekebalan tubuh

Vitamin ini berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini membantu mempertahankan tubuh terhadap segala jenis infeksi.

3. Mengatur mood 

Preeti mengatakan ada hubungan antara vitamin D dan pengaturan suasana hati. Ini berpotensi meningkatkan kesejahteraan mental.

4. Pencegahan penyakit kronis

Mempertahankan kadar vitamin D yang cukup adalah penting. Ini dapat menurunkan risiko kondisi kronis tertentu, termasuk.

5. Fungsi otot

Hal ini penting untuk fungsi otot yang tepat. Ini dapat membantu mencegah jatuh, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Vitamin D juga rupanya bisa diperoleh melalui konsumsi buah kering. Buah-buahan kering menunjukkan variabilitas dalam kandungan nutrisi, tetapi biasanya mengandung vitamin penting (A, C, K) dan mineral (zat besi, kalium). Elemen-elemen ini memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mendukung fungsi-fungsi seperti penglihatan, respon imun, pembekuan darah, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Berikut beberapa di antaranya buah-buahan kering dapat dikonsumsi:

1. Aprikot kering

Preeti Nagar menyebutkan aprikot kering memiliki 1,5 Unit Internasional (IU) vitamin D per 100 gram. Selain itu, buah aprikot kering juga mempunyai vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, zat besi dan potasium.

2. Buah ara kering

Dengan sekitar 3 IU vitamin D per 100 gram, buah ara kering juga terkenal dengan kandungan serat, kalsium, potasium, dan magnesiumnya.

3. Kacang almond

Terpikir untuk makan kacang almond yang direndam setiap pagi? Ini adalah pilihan yang tepat, karena kacang almond menawarkan 9 persen nilai harian (DV) vitamin D.

Kacang almond juga mengandung serat, protein, kalsium, vitamin E, tembaga, dan magnesium.

4. Kismis

Pada kismis bisa mendapatkan sekitar 82,00 IU vitamin D per 100 gram. Buah kering yang manis ini juga mengandung serat dan mineral penting seperti zat besi.

5. Cranberry

Cranberry adalah sumber vitamin C yang sangat baik, menjadikannya bahan utama dalam produk perawatan kulit. Tapi juga mengandung vitamin D (sekitar 0,7 mg), jadi konsumsilah untuk meningkatkan kesehatan tulang.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News