Beranda Hukum 48.957 Personel Diterjunkan Amankan TPS Pemilu 2019 di Banten

48.957 Personel Diterjunkan Amankan TPS Pemilu 2019 di Banten

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir

SERANG – Personel gabungan sebanyak 48.957 dikerahkan untuk pengaman Pemilu 2019. Personel ini diterjunkan ke berbagai pelosok di Provinsi Banten guna pengamanan di 21.047 tempat pemungutan suara (TPS) di 8 kabupaten dan kota.

Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir menjelaskan, personel gabungan itu terdiri dari personel TNI dan Linmas. Sedangkan jajaran Polda akan menurunkan 4.600 personel termasuk dari jajaran Polres.

Tomsi mengatakan, penghitungan suara di tingkat TPS jadi yang paling krusial. Sebab itu, ia meminta antisipasi bisa dilakukan sedini mungkin begitu ada gangguan.

“Potensi kerawanan pada saat pemungutan dan penghitungan suara adalah jarak tempuh dari satu TPS ke TPS lain. Masih ada beberapa wilayah yang akses jalannya kurang baik serta ketidakpuasan massa pendukung atas hasil penghitungan suara harus segera diselesaikan,” kata Tomsi di Mapolda Banten, Jl Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Minggu (14/4/2019) dikutip dari detik.com.

Tapi di samping itu, pengiriman logistik mulai dari KPU, PPK sampi ke tingkat TPS yang mulai didistribusikan juga harus diamakan optimal. Tim gabungan katanya harus bersiapa mengamankan sampai akhir Pemilu.

Terakhir, dia meminta kepada personel untuk tetap menjaga komitmen pada disiplin dan netralitas. Para personel polisi diminta untuk menghindari politik praktis.

“Junjung netralitas dan hindari politik praktis yang bisa menurunkan kepercayaan masyarakat,” pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini