Beranda Hukum Hadapi Pilkades, Calon Kades di Serang Deklarasi Damai

Hadapi Pilkades, Calon Kades di Serang Deklarasi Damai

Deklarasi damai calon Kepala Desa di Kabupaten Serang.

 

SERANG – Ratusan Calon Kepala Desa atau Cakades yang akan bertarung pada Minggu, 3 November 2019 mendatang menggelar deklarasi damai serta dzikir bersama di halaman Mapolres Serang, Jumat (25/10/2019) malam. Selain deklarasi damai dan do’a bersama juga dilakukan ceramah agama dan santunan kepada anak yatim piatu.

Turut hadir, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Dandim 0602 Serang Kolonel Inf Mudjiharto, ASDA 1 Pemda Serang, Wakil Ketua DPRD Serang, perwakilan Camat se Kabupaten Serang, Ketua MUI Serang, tokoh agama, masyarakat dan pemuda, para Kapolsek dan Danramil, para Cakades, serta instansi terkait lainnya.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan meminta kepada seluruh peserta pilkades bersikap dewasa. Dia berharap setiap agenda politik di Kabupaten Serang selalu kondusif, aman, dan bisa menjadi barometer kedewasaan politik.

“Kita tunjukkan bahwa pilkades di Kabupaten Serang berjalan lancar, aman dan nyaman. Jagalah selalu agenda politik ini dengan suasana kondusif,” ungkap Kapolres.

Dikatakan Kapolres, pemimpin adalah hal terpenting bagi  masyarakat untuk menciptakan perubahan di wilayah nya masing masing maka dari itu saya menghimbau kepada masyarakat agar memilih calon kepala desa sesuai kepercayaan sendiri.

Kapolres menekankan apabila ada kejadian yang tidak diinginkan, dirinya meminta kepada masyarakat agar tidak main hakim sendiri namun melaporkan kepada pihak yang berwajib.

“Pilihlah calon yang dianggap tepat menjalankan amanah demi kesejahteraan masyarakatnya. Bila ada kejadian yang merugikan segera lapor kepada petugas terdekat. Kami akan memproses hukum  secara tegas dan transfaran,” tandasnya.

Kapolres mengungkap sebanyak 474 personel Polres Serang akan mengawal pesta demokrasi di tingkat desa ini. Jumlah itu belum termasuk 200 tambahan personel dari Polda Banten dan Brimob. “Ditambah lagi personil TNI dari Kodim 0602 Serang,” ungkapnya.

ASDA 1 Pemkab Serang, Asep Saepudin Mustofa mewakili Bupati Serang menambahkan para calon kepala desa agar menyiapkan mentalnya masing masing agar menerima kekalahan. “Selain itu juga, saya tekankan untuk megikuti aturan perundang undangan yang berlaku dan jangan sampai melawan aturan yang sudah ada,” tegasnya.

Kepada masyarakat, ASDA juga meminta agar memilah dan memilih berita-berita yang tidak benar atau hoax dan jangan langsung mempercai berita tersebut kalu tidak tahu asal usulnya yang jelas berita tersebut.

“Kesuksesan Pilkades serentak ini bisa berjalan aman dan nyaman tergantung kepada masyarakat setempat agar bmenjaga keamanan dan kenyamanan pada saat pemilihan Pilkades serentak pada tanggl 03 November  2019,” tandasnya.

Dalam deklarasi damai Pilkades serentak tahun 2019, para Cakades sepakat akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pilkades, mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang-undagan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019.

Menciptakan situasi dan kondusif selama dalam pelaksanaan Pilkades, siap menang dan kalah dan tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana perdata maupun pelanggaran lalulintas dalam kampanye ataupun tahapan Pilkades lainnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini