Beranda Pariwisata 42 Warga Kanekes Jalan Kaki Sepanjang 60 Kilometer untuk Seba Baduy

42 Warga Kanekes Jalan Kaki Sepanjang 60 Kilometer untuk Seba Baduy

Warga Baduy berjalan kaki menjalani ritual seba. (Sandi/bantennews)

LEBAK – Sebanyak 42 warga Kanekes atau yanh dikenal Baduy Dalam berjalan kaki sepanjang 60 kilometer dari Baduy Dalam hingga Alun-alun Rangkasbitung untuk melakukan acara Seba Baduy, Jumat (28/4/2023).

Tokoh Adat Baduy Dalam, Ayah Mursid mengatakan, jika rombongan warga Baduy dalam berjalan kaki dari pemukiman Baduy dalam hingga ke Pendopo Kabupaten Lebak untuk melakukan acara Seba Baduy.

“Kami berangkat dari Baduy sekitar pukul 04.00 WIB, dengan membawa beberapa hasil pertanian seperti, beras, laksa, gula merah dan pisang galek, untuk diberikan langsung kepada Bapak Gede (Bupati Lebak),” kata Ayah Mursid kepada awak media, Jumat (28/4/2023).

Ia menjelaskan, untuk warga Baduy luar datang ke Pendopo Kabupaten Lebak menggunakan mobil yang telah disiapkan oleh Pemkab Lebak.

“Hanya Baduy dalam saja yang berjalan kaki untuk melaksanakan Seba Baduy, kalau untuk Baduy luarnya menggunakan mobil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kanekes Jaro Saija mengatakan, Seba Baduy tahun 2023 ini jumlah warga Baduy yang ikut sebanyak 1.224 orang.

“Tahun ini warga Baduy yang ikut Seba lebih banyak dari tahun 2022. Kami membawa sekira dua ton beras, gula, pisang dan laksa yang akan diserahkan ke Pemda yang akan diterima Ibu Bupati,” katanya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini