Beranda Pemerintahan 40 Persen Pendaftar CPNS di Pemkot Serang dari Luar Daerah

40 Persen Pendaftar CPNS di Pemkot Serang dari Luar Daerah

Farach Richi. (Ade/bantennews)

 

SERANG –Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Farach Richi memperkirakan, dari seluruh formasi yang ada sekitar 40 persen di antaranya dilamar oleh warga luar Kota Serang. Namun tak menutup kemungkinan warga Kota Serang juga mendaftar ke daerah lain. Ini dimungkinkan terjadi, karena siapapun dapat memilih daerah mana pun dalam seleksi CPNS ini. Yang terpenting adalah bahwa satu orang hanya memilih satu formasi. Pelamar dari luar Banten itu misalkan berasal dari Jawa Tengah dan Sumatera.

“Warga Kota Serang yang ingin milih di Kalimantan misalkan bisa saja,” katanya, Jumat (26/10/2018).

Farach menjelaskan, pihaknya masih menginput jadwal pembagian waktu tes CPNS. Sebab ada pembagian waktu antara peserta yang ada. Ia mencontohkan akan ada peserta CPNS yang melakukan tes pada pagi hari tetapi ada juga yang siang hari dengan adanya pembagian waktu tes CPNS ini. “Kalau jadwal CPNS-nya sendiri belum keluar,”ujarnya.

Input data jadwal pembagian waktu tes CPNS ini kemudian akan disampaikan ke Badan Kepegawaian Nasional melalui Pemerintah Provinsi Banten. Farach menyatakan bahwa semua hal yang berkaitan dengan CPNS diatur oleh Pemerintah Provinsi Banten, termasuk lokasi tes. “Tes CPNS Kota Serang akan dilakukan di BPSDM Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Akan ada dua tes yang dihadapi para peserta CPNS. Keduanya adalah tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang. Peserta CPNS hanya bisa melanjutkan tes ke jenjang tes kompetensi bidang bila mampu lulus dalam tes kompetensi dasar. “Seluruhnya ada 3.204 peserta CPNS yang lolos administrasi,” katanya.

Karena tes menggunakan komputer, maka setiap peserta CPNS akan bisa melihat hasil dari tes yang dijalaninya pada saat itu juga (real time). Sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi para peserta untuk mengetahui apakah mereka berhasil lulus seleksi atau tidak. Juga apakah mereka harus melanjutkan tes selanjutnya atau pergi angkat kaki.
“Untuk para peserta CPNS yang lulus tes akan kita umumkan di website dan di media juga,” ujarnya.

Pelaksana Bidang Administrasi BKPSDM Kota Serang Iksan mengungkapkan bahwa jumlah seluruh pelamar CPNS di Kota Serang mencapai 3.535 orang. Namun ada 331 yang berguguran pada tahap seleksi administrasi. Karena itu, pelamar CPNS yang akan ikut dalam tes CPNS hanya 3.204 orang. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini