Beranda Pilkada Serentak 2020 40 Calon Anggota KPU Lebak Ikuti Tes CAT

40 Calon Anggota KPU Lebak Ikuti Tes CAT

Calon komisioner KPU Lebak mengikutis tes CAT. (Foto: Ali/BantenNews.co.id)

LEBAK – Sebanyak 40 orang calon anggota KPU Lebak yang lolos seleksi administrasi mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) di gedung SMK Negeri 1 Rangkasbitung, Senin (19/11/2018). Hasilnya, 10 orang peserta tersingkir, karena nilai tes CAT cukup rendah.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terdapat beberapa komisioner KPU Lebak petahana yang mengikuti seleksi. Anggota KPU Lebak yang kembali mengikuti seleksi di antaranya, Ahmad Saparudin, Ace Sumirsa Ali, Apipi, dan Sri Astuti Wijaya. Hasil seleksi CAT tersebut akan diumumkan hari ini juga.

Tim seleksi calon anggota KPU Lebak, Iyoh Marwiah mengatakan, dari 59 peserta yang mendaftar, pada tes CAT calon anggota KPU ini hanya diikuti oleh sebanyak 40 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administarsi. Nantiya, hasil CAT ini akan disaring kembali menjadi 30 orang dengan penilaian langsung dari KPU RI lewat metode pembobotan nilai per soal.

“Mereka yang lolos CAT akan mengikuti ke tahap selanjutnya, yakni tes psikologi, kemudian tes kesehatan dan wawancara,” kata Iyoh, Senin (19/11/2018).

Setelah menjalani tes CAT, calon anggota akan mengikuti tes psikologi yang dilakukan pada 21 November 2018 di Universitas Indonesia (UI) Depok. Selanjutnya tes kesehatan pada tanggal 28 hingga 30 November 2018 dan tes wawancara pada tanggal 6 hingga 8 Desember 2018 mendatang.

“Dari hasil tes psikologi nanti akan diambil 25 peserta untuk tes kesehatan dan wawancara. Hasil seleksi tersebut akan diumumkan pada tanggal 19 Desember 2018 mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi divisi SDM dan Litbang, Rohimah mengatakan, bahwa masing-masing soal dalam CAT itu berbeda antar satu peserta dengan peserta lainnya. Pihaknya juga memastikan, bahwa hingga sepuluh besar nanti, itu murni kewenangan tim seleksi dan tidak ada intervensi dari KPU Banten.

“Dengan adanya sistem CAT ini Timsel mengharapkan para peserta yang lolos CAT adalah mereka-mereka yang secara intelektualitas memiliki pengetahuan yang bagus,” tukasnya. (Ali/Red)