Beranda Kesehatan 4 Warna Ingus Mengindikasi Kondisi Kesehatan Tubuh Anda

4 Warna Ingus Mengindikasi Kondisi Kesehatan Tubuh Anda

281
0
Ilustrasi - foto istimewa Tabloid Nova Online

Ketika sedang pilek atau flu, Anda pasti akan mengeluarkan cairan dari dalam hidung yang biasa disebut dengan ingus. Jika Anda perhatikan, ada beberapa macam warna ingus yang keluar saat sedang pilek, diantaranya bening, kuning, hijau, atau putih.

Ternyata, warna ingus yang keluar tersebut sebenarnya menjadi sebuah tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis warna ingus dan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh. Berikut seperti dikutip dari doktersehat.com.

1. Bening

Warna yang pertama adalah bening. Jika ingus yang keluar saat sedang pilek berwarna bening, maka bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda dalam keadaan baik-baik saja. Sebab, ingus yang berwarna bening merupakan hal yang wajar karena lendir yang sehat adalah lendir cair yang berisi air dengan protein, antibodi, dan garam larut.

2. Kuning

Ingus yang berwarna kuning biasanya akan keluar setelah beberapa hari Anda mengalami pilek. Ini menandakan bahwa gejala pilek Anda sedang berkembang dan kemungkinan besar juga telah menjadi infeksi. Bukan hanya cairan berupa lendir saja yang akan keluar, melainkan juga sel darah putih yang turut ikut keluar. Kondisi ini akan terjadi selama 10 hingga 14 hari. Oleh sebab itu, segera lakukan pemeriksaan agar bisa ditangani dengan cepat.

3. Hijau

Ketika ingus yang keluar berwarna hijau, ini menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang melakukan perlawanan. Lendir yang keluar akan membawa sel-sel putih yang mati. Kondisi ini akan berubah menjadi memprihatinkan jika terjadi selama lebih dari 12 hari. Sebab, bisa jadi Anda mengalami sinusitis atau infeksi bakteri. Dan tentu saja, Anda harus segara pergi ke dokter dan memeriksanya secara serius.

4. Putih

Warna ingus yang terakhir adalah putih. Ingus yang berwarna putih menandakan bahwa terjadi pembengkakan pada jaringan yang meradang dan memperlambat aliran lendir. Hal ini membuat lendir kehilangan kelembapan dan membuatnya lebih tebal dan keruh. Selain itu, bukan hanya menjadi pertanda Anda sedang pilek, tetapi bisa jadi infeksi hidung. (Red)