Beranda Sosial 377 Jembatan di Pandeglang dalam Kondisi Rusak

377 Jembatan di Pandeglang dalam Kondisi Rusak

Kepala UPT Jembatan DPUPR Pandeglang Jaenal Huri. (Memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Sebanyak 377 jembatan dari 800 lebih jembatan yang ada di Kabupaten Pandeglang kondisinya dalam keadaan rusak berat. Diperkirakan membutuhkan waktu selama 7 tahun untuk memperbaiki semua jembatan tersebut.

Kepala UPT Jembatan DPUPR Pandeglang Jaenal Huri menyampaikan, untuk target perbaikan jembatan per tahun di UPT minimal 50 jembatan dengan nilai anggaran Rp2 miliar. Sebenarnya jika melihat sumber daya pekerja yang ada, per tahun UPT jembatan maksimal bisa memperbaiki 70 jembatan, namun lagi-lagi terkendala dana.

“Sedang kami laksanakan pemeliharaan jembatan di triwulan empat ya rencana 30 jembatan yang akan kami perbaiki, untuk bulan ini itu ada 14 jembatan kalau gak salah. Tahun ini baru mampu memperbaiki 50 jembatan sampai akhir tahun. Karena disesuaikan dengan anggaran, kurang lebih Rp2 miliar. Kalau melihat sumber daya staf maksimum 70 jembatan bisa kami tangani,” ungkapnya, Sabtu (10/11/2018).

Dilihat dari letak geografis Pandeglang yang banyak dilalui sungai dari utara sampai selatan diperkirakan setiap desa minimal ada 2 sampai 3 jembatan per desa, oleh karena itu dibutuhkan waktu selama 7 tahun untuk memperbaiki jembatan yang rusak.

“Kalau dilalui sampai saat ini masih bisa dilalui tapi kalau ditinjau dari segi keamanan sudah tidak aman. 377 jembatan kalau dengan kemampuan seperti ini pertahun 50 jembatan, baru 7 tahun selesai kalau anggarannya seperti ini terus, tapi ada pemeliharaan di bidang juga jadi mudah-mudahan 3-4 tahun semua jembatan bisa mantap semua,” pungkasnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini