Beranda Peristiwa 316 Calon Jemaah Haji Kloter 59 Asal Lebak Diberangkatkan

316 Calon Jemaah Haji Kloter 59 Asal Lebak Diberangkatkan

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya melepas calon jemaah haji. (Ali/bantennews)

 

LEBAK– Sebanyak 316 orang Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lebak yang tergabung dalam Kloter 59 dilepas Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya  di Pendopo Setda Lebak, Minggu (1/8/2019) dinihari.

Bupati Lebak dalam sambutannya mengatakan bahwa ibadah haji merupakan proses ibadah yang sangat berbeda dengan tata cara ibadah lainnya, tidak saja harus berbekal pengetahuan yang disyari’atkan sebagaimana tuntunan dalam manasik namun juga harus memiliki kesiapan fisik dan mental.

“Hari ini, merupakan hari yang sangat berbahagia, disertai bercampur haru, karena waktu tunggu yang sekian lama kita nantikan, akhirnya dengan ridho dan karunia Allah SWT,  calon jemaah haji Kabupaten Lebak kloter 59 akhirnya dapat diberangkatkan guna menunaikan rukun islam yang kelima,” ungkap Bupati Lebak.

Iti mengatakan, selama pelaksanaan ibadah haji, jemaah akan banyak dipertemukan dengan para sahabat muslim dari berbagai belahan dunia yang sudah barang tentu memiliki perbedaan satu sama lain. Akan tetapi, menurut Iti, dengan keyakinan dan tujuan yang sama, maka  jemaah untuk senantiasa membangun rasa kasih sayang, semangat kebersamaan, untuk saling menghormati dan saling tolong menolong satu sama lain sesama umat islam. serta, hindari hal-hal yang dapat mengurangi kemabruran ibadah haji jamaah.

“Pemerintah Kabupaten Lebak telah dan selalu berusaha untuk menyampaikan permohonan kepada bapak Gubernur Banten untuk kiranya dapat menambah kuota haji pada tiap tahunnya, guna mengurangi jumlah daftar tunggu. Kepada para jemaah calon haji yang saat ini belum dapat berangkat, saya sampaikan permohonan maaf, disertai memohon untuk senantiasa bersabar dengan hati yang ikhlas, serta selalu memohon kepada Allah SWT, semoga tetap diberikan kesehatan, keteguhan dan kesabaran, sehingga pada tahun yang akan datang kiranya dapat berangkat, sebagaimana yang kita saksikan pada hari ini,” papar Iti.

Diakhir sambutannya Bupati Lebak meminta kepada jemaah untuk mendoakan Kabupaten Lebak agar terhindar dari segala bencana.

Sementara itu Kepala Kemenag Lebak Akhmad Tohawi dalam laporannya menyampaikan
data calon jemaah haji Kabupaten Lebak Tahun1440 H/ 2019 M Kloter JKG- 59 berjumlah 316 orang,

“Kita berharap jemaah calon haji yang akan dilepas hari ini bisa selamat sampai tujuan dan yang terpenting adalah kita memohon kepada Allah agar ibu bapa mendapatkan kekuatan, kesehatan serta kembali ke tanah air mendapat predikat haji yang mabrur,” ujar Akhmad Tohawi.

Untuk diketahui dari total 316 orang CJH kloter 59 berdasarkan jenis kelamin laki-laki 142 orang dan perempuan 174 orang. Berdasarkan usia 21 S.d 74 tahun 299 orang (94,62%) dan Usia > 74 tahun 17 orang (5,38 %), Usia tertua yakni 94 Tahun A.n Nawasa Saridan Sarbain berasal dari  dan usia termuda yakni 21 Tahun atas nama Tata Wijaya Muhamad. (Ali/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini