Beranda Hukum 3 Pelaku Pencurian 1,7 Ton Gula Rafinasi Perusahaan di Cilegon Ditangkap, Kerugian...

3 Pelaku Pencurian 1,7 Ton Gula Rafinasi Perusahaan di Cilegon Ditangkap, Kerugian Rp20 Juta

Polisi menunjukkan barang bukti saat gelaran konferensi pers terkait tindak pidana pencurian di Mapolres Cilegon - (Foto Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Satreskrim Polres Cilegon menangkap 3 tersangka dari 6 pelaku pencurian muatan gula rafinasi sebanyak 1,7 ton milik PT Angels Products. 3 tersangka lainnya masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Diketahui, inisial 3 pelaku yang diamankan polisi yaitu S, C, dan W. Ketiganya memiliki peran berbeda saat melancarkan aksi pencuriannya.

Kasat Reskrim Polres Cilegon, AKP Samsul Bahri menjelaskan tindak pencurian itu berdasarkan laporan yang terjadi pada 22 Desember 2023 lalu di sepanjang jalur menuju tol Cilegon Timur.

“Pada Jumat 22 Desember 2023 pukul 05.00 WIB, kami Satreskrim Polres Cilegon mendapatkan informasi adanya kegiatan bajing loncat yang terjadi di wilayah hukum Polres Cilegon terkait dengan bongkar muat yang dilaksanakan oleh PT Angels melalui pelabuhan Indah Kiat menuju ke gerbang tol Merak melalui exit tol Cilegon Timur,” katanya, Rabu (10/1/2024).

Menurut Samsul, para pelaku pencurian ini memiliki peran masing-masing saat melancarkan aksi pencurian gula rafinasi dari dalam truk milik PT Angels Products.

“Inisial S berperan mempersiapkan kendaraan L300 dan menunggu di exit tol Merak dan dia naik ke dump truk. Inisial C berperan memindahkan gula dengan karung yang sudah dipersiapkan tersangka. Inisial W sebagai sopir dump truk yang memang bertugas di PT Angels tersebut,” ujarnya.

Adapun motif darinpara pelaku pencurian gula rafinasi milik PT Angels Products tersebut yakni ekonomi, lantaran para pelaku akan menjual kembali kepada pihak lain.

Sementara itu, Sugianto selaku pelapor sekaligus perwakilan dari manajemen PT Angels Products menceritakan tindak pencurian itu berawal dari ditangkapnya satu orang pelaku oleh petugas.

“Jadi memang pas ketangkap di jalur lambat di Kedaleman itu. Jadi memang ditangkap dulu oleh petugas kita 1 orang. Setelah ditangkap, dikembangkan ketangkap 2 lagi,” ujarnya.

Sugianto mengaku, tindak pencurian muatan gula rafinasi milik PT Angels Products ini baru pertama kali terjadi dan kerugian mencapai Rp20 juta.

“Saya sebagai pelapor mengucapkan banyak terimakasih kepada polisi yang sudah mengungkap kasus ini. Semoga ke depannya tidak terjadi lagi,” ucapnya.

Dalam kasus tersebut, para pelaku dikenakan Pasal 363 KUH Pidana dengan ancaman 7 tahun penjara. Polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti berupa mobil yang berisi gula, handphone, dump truk, dan beberapa karung gula rafinasi. (Mg-STT/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini