Beranda Kesehatan 24 Buruh PT PMM Tangerang Ditemukan Positif Covid-19

24 Buruh PT PMM Tangerang Ditemukan Positif Covid-19

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang berdialog dengan pihak HRD PT Pusan Manis Mulia

KAB. TANGERANG – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mendatangi PT Pusan Manis Mulia (PMM) tindak lanjut temuan kasus Positif Covid-19, Senin (14/9/2020).

Kunjungan ke PT PMM yang berlokasi di Desa Kadu, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang tersebut dipimpin langsung Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hery Heryanto, Kepala Dinas Kesehatan dr. Desi Riana Dinardianti beserta jajaran.

Ketua Satgas Hery Heryanto mengatakan kunjungan Satgas Covid-19 ke perusahaan tersebut adalah untuk menindaklanjuti hasil temuan karena sejak tanggal 3 September 2020 kemarin ditemukan ada beberapa orang yang positif Covid-19 di perusahaan ini dan Satgas mengambil langkah-langkah lanjutan untuk meminimalkan dan memutus mata rantai Covid-19.

“Kedatangan tim Satgas Kabupaten Tangerang untuk mengkomunikasikan dan memastikan bahwa langkah-langkah yang diambil perusahaan sudah sesuai dengan ketentuan Protokol Kesehatan, agar temuan kasus Covid-19 diperusahaan bisa segera diminimalisir,” kata Hery.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tangerang ini melanjutkan karyawan di perusahaan ini total 1.200 orang dan ditemukan sekitar 48 orang yang reaktif hasil test rapid-nya dan sampai saat ini telah ditemukan ada 24 orang yang positif hasil swab test-nya.

“Saya meminta bantuan dari Puskesmas Curug maupun Puskesmas Binong dan Camat Curug dan Kepala Desa Kadu untuk menindaklanjuti hasil temuan ini, karena hasil ini di luar dikhawatirkan masih banyak yang belum terdeteksi sehingga harus lebih waspada,” ujar Hery.

Di sisi lain, Hery berharap ada kerja sama yang baik dari pihak perusahaan dan keterbukaan informasi kepada tim gugus tugas baik tingkat Kabupaten Tangerang, Kecamatan Curug dan Puskesmas Curug serta Puskesmas Binong.

“Kami minta agar perusahaan melakukan rapid test semua karyawan, test Covid-19 internal menjadi tanggung jawab perusahaan, apabila dampak yang di masyarakat ataupun keluarga karyawan itu tanggungjawab Puskesmas atau Dinkes yang akan melakukan tindakan rapid maupun Swab Testnya,” terang Hery.

Ditambahkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr. Desi Riana Dinardianti meminta kepada pihak perusahaan agar selalu memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan perusahaan yaitu untuk perhatikan 3 M, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

“Perusahaan harus selalu memperhatikan protokol apa lagi di perusahaan ini sudah ada karyawan yang positif,” ujar Desi.

Sementara itu HRD dari PT PMM, Dwi Nugroho mengungkapkan pihaknya telah menerapkan protokol Covid-19 di lingkungan perusahaan tersebut dengan baik seperti penyediaan sanitizer, setiap karyawan yang masuk di-thermo gun, dan imbauan untuk selalu menggunakan masker.

“Kami dari perusahaan telah menerapkan protokol Covid-19 sesuai dengan apa yang dianjurkan, akan tetapi ke depan sesuai arahan dan rekomendasi tim Satgas Covid-19 agar penerapan Protokol Covid-19 di perusahaan kami lebih diperketat akan kami jalankan,” beber Dwi

Menurut Dwi, pihak perusahaan telah melakukan upaya penelusuran dan pencarian kontak langsung di lingkungan Perusahaan terhadap karyawan yang positif Covid-19, dan pihaknya juga telah melakukan Rapid test terhadap 48 pekerjanya.

“Kemarin pada saat kita menemukan ada yang positif Covid-19 kita telah melakukan langkah penutupan dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 13 September dan baru hari ini (14 September-red) kita mulai beroperasi kembali,” tuturnya.

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini